Tanaman yang Ampuh Sembuhkan Wasir, Pernah Coba?

303

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wasir menjadi salah satu penyakit yang menyiksa penderitanya. Orang yang menderita wasir akan sulit BAB dan perut terasa sakit.

Apabila sudah parah, maka si penderita wasir harus melakukan operasi guna menghilangkan pembengkakan. Biayanya pun cukup mahal, belum lagi proses penyembuhannya butuh waktu lama.

Belum lagi, ada obat-obat medis yang harus dikonsumsi untuk membantu percepat proses penyembuhan. Nah, daripada berisiko terkena gangguan ginjal, sebaiknya konsumsi obat herbal saja.

Dilansir dari beberapa sumber, ada beberapa tanaman yang bisa diracik menjadi ramuan herbal untuk menyembuhkan wasir. Apa saja?

1. Urang-aring

Biasanya urang-aring dikenal dengan manfaatnya yang dapat menyuburkan rambut dan membuat rambut hitam berkilau. Tapi tahukah kamu, urang aring juga bisa mengobati wasir.

Baca Juga :   Puluhan Pemotor Dihalau Tak Boleh Masuk Kota Pasuruan, Kenapa?

Untuk bisa mendapatkan manfaat urang-aring, Bolo bisa meminum rebusan daun urang-aring. Atau bisa pula mengoleskan urang-aring yang sudah ditumbuk ke bagian yang terdapat benjolan wasir.

2. Akar Kangkung

Tak cuma dikonsumsi daunnya, akar kangkung ternyata bisa juga untuk mengobati wasir. Bagaimana cara mengolahnya?

Cuci bersih akar kangkung dan rebus. Gunakan air rebusannya untuk membasuh atau membersihkan anus. Bisa juga dengan merebus akar kangkung bersama 3 gelas air setelah dingin, minum sehari 2 gelas setengah gelas.

3. Lidah Buaya

Zat yang ada pada lidah buaya bisa digunakan sebagai anti-oksidan serta detoksifikasi tubuh alami. Zat-zat tersebut juga bisa membantu mengatasi gejala wasir.

Cara mengkonsumsi lidah buaya untuk mengobati wasir bisa dengan membuat jus dari lidah buaya. Minum jus ini rutin setiap hari maka wasir bisa terobati. (trj)