Pelajari Penerapan Smartcity, Diskominfotik Kota Pasuruan Studi Banding Ke Diskominfo Kabupaten Badung

709

Pasuruan (WartaBromo.com) – Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kota Pasuruan melakukan studi banding ke Diskominfo Badung untuk mempelajari penerapan smart city Kabupaten Badung.

Kepala Diskominfotik Kokoh Arie Hidayat, SE. S.Sos, MM menyampaikan tujuan dari studi tiru ini untuk mempelajari penerapan smartcity Kabupaten Badung, Jumat, (22/07/2022)

“Kami rombongan dari Diskominfotik Kota Pasuruan melakukan studi banding ke Diskominfo badung untuk mempelajari penerapan smartcity yang ada di Kabupaten Badung”, kata Kokoh.

Kokoh juga menyampaikan studi banding ini dilakukan untuk melakukan kemitraan antara jurnalis dan pemerintah daerah untuk promosi pariwisata.

“Mengingat pemerintah Kota Pasuruan sedang gencar untuk promosi wisata religi dan hertage, jadi kita juga mengajak para wartawan kita sebagai mitra antar jurnalis harapannya untuk bisa mempromosikan pariwisata yang ada di Kota Pasuruan,” jelasnya.

Baca Juga :   Santri Kota Pasuruan Mau Rapid Antigen Gratis? Simak Syaratnya

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung I Wayan Weda Dharmaja, S.IP, M.Si menjelaskan, pada akhir tahun 2018, Pemkab Badung mendirikan Badung Command Center atau BCC.

Tujuan pembangunan BCC tersebut untuk meningkatkan pelayanan masyarakat yang maju dan sejahtera melalui pelayanan publik berbasiskan teknologi dan terintragasi.

“Diskominfo Badung mendirikan Badung Command Center atau BCC ini tujuannya untuk meningkatkan pelayanan masyarakat yang maju dan sejahtera melalui pelayanan public yang berbasis teknologi”, terangnya.

Hal tersebut disampaikan I Wayan Weda Dharmaja, S.IP, M.Si saat menjamu kunjungan dari Kominfo Kota Pasuruan dan PWI Pasuruan, di studio BCC

Dijelaskan, untuk pembangunan smart city tersebut, pihak Pemerintah Kabupaten Badung menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam membangun pengembangan berbasis teknologi informasi (IT), guna memudahkan proses penyelesaian keluhan masyarakat dan menjalankan proses administratif sehingga dapat lebih efektif.

Baca Juga :   Yeay! Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Kota Pasuruan Akhirnya Punya Markas

“BCC dengan tagline-nya Komunikasi Informasi Badung merupakan pusat pemantauan seluruh sensor dan data-data dari aplikasi yang ada di perangkat daerah Kabupaten Badung sehingga terintegrasi dan ditampilkan dalam wall display BCC.Adapun data-data yang dapat ditampilkan, meliputi CCTV dan video analitik, data-data pelayanan publik seperti perijinan, perpajakan, kependudukan, serta data-data kinerja perangkat daerah Kabupaten Badung meliputi absensi pegawai serta kinerja fisik dan keuangan perangkat daerah,” pungkasnya.

Dalam kunjungan tersebut Diskominfotik Kota Pasuruan bermaksut untuk mempelajari penerana smartcity Kabupaten Badung yang diikuti oleh Kadis Kominfo, perwakilan dari bidang Informasi Komunikasi Publik, bidang E-Government dan bidang Statistik juga diikuti oleh insan jurnalis Kota Pasuruan sebagai kemitraan antara jurnalis dan pemerintah daerah. (day/**)