Unik! Inilah Asal Mula Lomba Bakiak yang Sampai Sekarang Ada Saat Agustusan

210
lomba bakiak

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ada berbagai perlombaan seru dan unik yang diadakan setiap bulan Agustus. Tak sekadar permainan, beberapa lomba memiliki filosofi yang beragam, salah satunya lomba bakiak.

Lomba bakiak merupakan permainan tradisional yang dilakukan secara berkelompok. Dalam lomba ini, para pemain akan diuji kekompakannya demi mencapai garis finish.

Dibalik keseruannya, ternyata permainan bakiak ini punya filosofi unik dan seru lho, Bolo. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasannya!

Bakiak merupakan permainan tradisional yang berasal dari Sumatera Barat dan sudah populer sejak tahun 1970-an. Namun, di Sumatera Barat bakiak disebut dengan terompa galuak.

Diperkirakan, permainan bakiak ini terinspirasi dari negara Jepang. Yang mana pada saat itu para geisha (seniman atau penghibur tradisional di Jepang) menggunakan alas kaki dari kayu pada saat pertunjukan.

Baca Juga :   Ekonomi Bangkit, Puluhan Model Pamer Batik Probolinggo

Geisha sangat umum pada abad ke-18 dan abad ke-19. Di Republik Rakyat Cina. Semasa kanak-kanak, geisha seringkali bekerja sebagai pembantu, kemudian sebagai geisha pemula (maiko) selama masa pelatihan.

Bermula dari itulah, pada akhirnya bakiak tak hanya digunakan sebagai alas kaki tetapi juga untuk perlombaan. Cara memainkan bakiak pun sangat beragam.

Hanya saja, bakiak yang digunakan untuk permainan merupakan bakiak yang terbuat dari papan panjang yang dapat digunakan oleh tiga orang atau lebih secara bersama-sama.

Untuk memainkannya para peserta harus melangkah dengan kecepatan yang sama. Pemain pun harus saling menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh. Kemudian, pemain paling depan harus memberikan komando agar tim berjalan beriringan. (trj/may)