Pengerjaan Pondasi Dituding Asal-Asalan, Pelaksana Proyek : Sudah Sesuai Spek

326

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pengerjaan pondasi strauss untuk pemasangan payung hidrolik sempat jadi sorotan. Pelaksana proyek menegaskan pekerjaan sudah sesuai ketentuan.

Terkait hal ini, pelaksana proyek PT Detiga Inti Teknik Sinergi, memastikan bahwa pemasangan pondasi strauss untuk payung hidrolik sudah sesuai spesifikasi.

Soal genangan air tanah yang ada di lokasi, pihak pelaksana juga memastikan tidak akan mengganggu progres pengerjaan. Pihaknya juga sudah mengantisipasi dengan memasang pipa.

“Rencananya nanti ada 24 pondasi strauss yang akan dipasang, karena payung hidroliknya ada 6,” kata Direktur PT Detiga Inti Teknik Sinergi, Imam Wahyudi.

Seperti diwartakan sebelumnya, tokoh masyarakat Kota Pasuruan, Yunus Ilyas menuding pemasangan pondasi strauss yang berada di depan Masjid Agung Al Anwar Kota Pasuruan tidak sesuai ketentuan.

Baca Juga :   Pemkot Pasuruan dan BNI Teken MoU tentang Penyediaan dan Penggunaan Layanan Perbankan

Menurut Yunus, pondasi strauss dipaksa dipasang meski digenangi air tanah. Menurutnya, genangan air itu bisa menyulitkan upaya pendokumentasian visual untuk laporan teknis nantinya.

Komisi III DPRD Kota Pasuruan juga sempat melakukan sidak di lokasi. Koordinator Komisi III, Farid Misbah mengaku, dewan ingin memastikan bahwa pengerjaan di lokasi sudah sesuai spesifikasi, sebab ini merupakan proyek strategis.

Menurut Farid, ada empat OPD dengan lima pekerjaan di kawasan alun-alun. Farid berharap semua OPD yang memiliki pekerjaan di kawasan alun-alun bisa berkoordinasi dengan baik.

Berdasarkan hasil sidak di lapangan, politisi Hanura itu menyebut, progress pekerjaan proyek di alun-alun sebagian ada yang surplus, sebagian ada yang minus.

Baca Juga :   Siap-siap, Pemkot Pasuruan Bakal Naikkan Tarif Retribusi Pelayanan Kesehatan

Salah satu proyek yang minus adalah pembangunan payung hidrolik. Namun ini bukan tanpa sebab. Farid mengatakan, nilai mayor pekerjaan ini adalah pemasangan payung hidrolik. Payung itu sendiri saat ini masih tahap fabrikasi.

Soal pondasi strauss yang jadi sorotan, dewan meminta pelaksana memberikan dokumen foto dan video.

“Nanti saat pengecoran plating, ini yang fundamental, kita ikut dihadirkan untuk menyaksikan supaya betul-betul dilaksanakan kesesuaiannya,” imbuh Farid. (tof/yog)