Insiden Jeep Jatuh, Polisi Cek Kelayakan Puluhan Jeep di Bromo

279

Tosari (WartaBromo.com) – Insiden kecelakaan jeep di kawasan wisata Gunung Bromo mendapat perhatian serius.

Petugas gabungan dari Sat Lantas Polres Pasuruan dan Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan melakukan pengecekan 54 jeep hardtop di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, pada Selasa (13/09/2022).

Petugas mengecek satu per satu kendaraan jeep hardtop satu per satu mulai kelengkapan administrasi, kondisi mesin, hingga ketersediaan alat keselamatan.

Kasat Lantas Polres Pasuruan, AKP Yudhi Anugrah Putra membeberkan, hasil pengecekan tersebut, petugas mendapati sebagian besar kendaraan sudah tertib pajak.

Kemudian untuk pengecekan fungsi keselamatan kendaraan, Yudhi menyebut 50 persen kendaraan tidak memiliki lampu kabut; 30 persen ban mulai tipis; kondisi kaki-kaki 50 persen kurang baik.

Baca Juga :   Penutupan Wisata Bromo Diperpanjang Selama Wabah Corona

“Rata-rata minyak rem itu kondisi kurang sebanyak 60 persen. Dan juga yang disedihkan 80 persen kendaraan tidak punya P3K. Kebocoran poweer steering 50 persen,” ujar Yudhi.

Yudhi mengaku pengecekan yang dilakukan oleh Sat Lantas dan dinas perhubungan ini bertujuan untuk benar-benar memastikan bagaimana kondisi jeep hardtop yang biasa mengangkut wisatawan.

Pihaknya mengimbau kepada pengelola dan pemilik jeep hardtop agar rutin melakukan pengecekan mesin dan fungsi keselamatan.

“Kami bekerja sama dengan dishub yang akan memfasilitasi guard rill di sepanjang jalan, khususnya di turunan nantinya agar tidak terjadi kejadian yang sama,” imbuh Yudhi. (tof/yog)