Ranu Pani Diterjang Longsor dan Banjir

630
Ranu Pani Diterjang Longsor dan Banjir

Senduro (WartaBromo.com) – Lumajang diguyur hujan sejak Jumat (7/10/2022). Dua titik yaitu Ranu Pani dan Curah Kobokan diterjang banjir.

Terpantau hari ini, Sabtu (8/10) banjir lahar dingin terjadi di Curah Kobokan, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Akibatnya akses menuju Kecamatan Pronojiwo dan Kabupaten Lumajang sementara ditutup sampai kondisi aman.

Kemudian, banjir juga terjadi di kawasan Desa Ranupani. Banjir membawa material lumpur yang merendam hampir sebagian besar rumah warga. Bahkan, kondisi jalan di Desa Ranupani saat ini masih tertutup lumpur.

Informasi dari warga sekitar juga terjadi longsor di desa bagian atas, jalan yang tertutup tanah longsor juga menyebabkan akses menuju Kabupaten Malang ditutup sementara.

“Jalan utama menuju malang, kena longsor,” terang Nuril, warga setempat.

Sementara, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lumajang, Joko Sambang menyampaikan, bahwa saat ini jalur menuju Malang via Ranupani belum bisa dilewati kendaraan lantaran jalan yang terendam banjir. Saat ini, pihaknya sudah melakukan penanganan dengan menggunakan alat berat.

“Ini teman-teman sudah berangkat dengan membawa alat berat,” terangnya saat dikonfirmasi via sambungan telpon, Sabtu (8/10) pagi. (rul/may)