Istimewa, Ribuan Alumni Santri Sidogiri Gelar Subuhan Berjamaah di Masjid Kejayan

864
0Ribuan santri yang tergabung dalam Ikatan Alumni Santri Sidogiri (IASS) PW Pasuruan mengikuti kesadaran subuh berjamaah (KSB) di Masjid besar Al Mabrur, Sladi Kejayan Pasuruan, pada Jumat (7/10/2022) pagi. Ft. Istimewa

Kejayan (Wartabromo.com) – Ikatan Alumni Santri Sidogiri (IASS) PW Pasuruan menggelar Kesadaran Subuh Berjamaah (KSB) di Masjid Besar Al Mabrur, Sladi, Kejayaan, Pasuruan, Jumat (7/10/2022).

KSB yang juga dikemas dengan acara Maulid Nabi dan Haul K.H Hasani Nawawie ke-22 ini, dihadiri oleh sekitar tiga ribuan alumni dan simpatisan pesantren yang telah berusia 285 tahun ini.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 03.00 dini hari, diikuti oleh para jamaah KSB yang mendapatkan pengawalan khusus oleh Badan Khusus atau Bansus 1455.

Menurut Ketua IASS PW Pasuruan, Gus Abdulloh Faqih, Kesadaran Subuh Berjamaah (KSB) ini, merupakan salah satu program yang wajib diikuti oleh anggota IASS setiap Jumat Subuh, yang terbagi menjadi 20 zona. Hanya saja, pada momen tertentu, dari 20 zona itu berkumpul satu.

Baca Juga :   Berkah Jilbab Ibu-ibu di Sidogiri

“Sesekali kita menggelar KSB di satu tempat seperti saat ini. Biasanya setiap Jumat diselenggarakan oleh 20 zona, meliputi Kabupaten dan Kota Pasuruan. Mereka berpindah-pindah antar masjid dan mushalla sesuai zona. Namun, hari ini kita berkumpul di satu titik, sekaligus acara Maulid dan Haul K.H Hasani Nawawie yang ke-22,” jelas Gus Dullo.

KSB IASS Pasuruan ini, juga dihadiri oleh Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, KH. Imron Mutamakkin.
Dalam ceramahnya, beliau menekankan bagaimana kita sebagai umat Nabi Muhammad selalu memupuk rasa cinta kepada Nabi dengan selalu berupaya mengikuti sunnahnya.

KSB adalah gerakan Sidogirian untuk menyemangati kaum Muslimin agar senantiasa melaksanakan salat Subuh berjamaah. Meramaikan masjid dan musalla di tempat masing-masing dengan kegiatan ibadah Subuh. Sebab, umumnya masjid dan musalla sepi saat salat Subuh, sehingga Subuh menjadi tolok ukur untuk empat salat lainnya.

Baca Juga :   Koran Online 14 Januari : Sidogiri Terbelah pada Pilpres, hingga Pemotor Ngamuk Tak Mau Ditilang

IASS PW Pasuruan membagi gerakan Subuh atau KSB ini ke 20 zona. Di masing-masing zona, setiap Jumat Subuh akan digelar salat Subuh berjamaah dengan berpindah-pindah, mengikuti masjid dan musalla di zona yang ditentukan. Diharapkan, dengan kegiatan ini, umat Islam sekitar bisa meramaikan tempat ibadah saat salat lima waktu setiap hari. (yog/yog)