Pemkot Pasuruan Salurkan Bantuan untuk Warga Kurang Mampu dari Berbagai Kelompok

45
Pemkot Pasuruan Salurkan Bantuan untuk Warga Kurang Mampu dari Berbagai Kelompok

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan menyalurkan bantuan untuk ratusan warga kurang mampu. Bantuan tersebut berupa bantuan sosial hingga bantuan modal usaha.

Penyaluran bantuan tersebut dilakukan secara simbolis di Gedung Gradika, Kota Pasuruan, oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), pada Rabu (19/10/2022).

Gus Ipul mengatakan, ada 226 keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima bantuan. Mereka di antaranya, lansia terlantar, lansia potensial, wanita rawan sosial ekonomi, anak yatim piatu, warga disabilitas, hingga veteran pejuang.

“Ini bantuan untuk warga yang berhak. Sesuai rencana tahun lalu, penerimanya berbagai kalangan,” kata Gus Ipul.

Pemkot Pasuruan Salurkan Bantuan untuk Warga Kurang Mampu dari Berbagai Kelompok

Ia menjelaskan bahwa di Kota Pasuruan masih ada 1.721 yang seharusnya layak mendapatkan bantuan sosial. Tetapi belum tersentuh bantuan dari pemerintah pusat maupun provinsi.

Baca Juga :   Gara-gara Penuh Sampah dan Tanaman Liar, Sungai Ini Bisa Dipakai Gowes

Bantuan kepada 226 KPM itu, kata Gus Ipul, bersumber dari APBD Kota Pasuruan. Selain itu, saat ini pemkot dengan BPS tengah melakukan sinkronisasi data penduduk miskin dan layak menerima bantuan ke pemerintah pusat.

“BPS sekarang sedang survei. Jadi tahun-tahun ke depan, insyaallah datanya sudah tunggal,” imbuh Gus Ipul.

Sementara itu, terpisah, Kepala Dinas Sosial Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat menambahkan, bantuan yang diserahkan kepada KPM berbeda-beda nominalnya.

Lansia terlantar menerima Rp6.000.000 dengan rincian tiap bulan mendapat Rp500 ribu. Lansia potensial dan veteran pejuang menerima bantuan Rp1 juta. Warga disabilitas menerima Rp600 ribu. Wanita rawan sosial ekonomi menerima Rp2 juta.

“Ini bantuan dari APBD. Mereka, penerima, adalah warga yang layak mendapat bantuan. Mereka bukan penerima bantuan seperti PKH atau BPNT,” ujar Kokoh. (tof/**)