Inilah 3 Tanda Awal Gagal Ginjal Menyerang, Yuk Kenali Sedini Mungkin!

381

Pasuruan (WartaBromo.com) – Tak banyak orang tahu tanda-tanda awal gagal ginjal menyerang. Akibatnya, kematian karena gagal ginjal akut tak bisa dihindari.

Penyakit gagal ginjal membuat fungsi organ vital ini menurun secara signifikan. Penurunan tersebut membuat organ vital ini gagal menyaring dan membersihkan darah.

Nah, gejala-gejala tersebut sebenarnya bisa diantisipasi dengan mengetahui tanda-tanda awal gagal ginjal. Berikut tanda-tandanya dilansir dari halodoc.com:

1. Mudah Lelah

Umumnya, gejala gagal ginjal memang sulit dideteksi. Namun, penderita akan merasa mudah lelah dan tidak bersemangat dalam waktu cukup lama.

Hal ini dikarenakan ginjal mulai kehilangan fungsi mencerna nutrisi dalam tubuh. Pada beberapa kasus, kondisi ini menyebabkan anemia dan membuat tubuh selalu terasa lemah dan lunglai.

Baca Juga :   Demam Berdarah Naik, Perubahan Iklim Ikut Jadi Pemicunya

2. Keluar Darah Saat Buang Air Kecil

Salah satu prosedur penyaringan dalam ginjal adalah memisahkan limbah dari darah, kemudian diproses menjadi urine. Ketika ginjal mengalami penurunan fungsi, maka proses tersebut akan terganggung.

Akibatnya, darah bercampur ke dalam urine. Selain menandakan adanya kegagalan fungsi ginjal, kondisi ini bisa menjadi indikasi penyakit lain, seperti batu ginjal atau infeksi.

3. Urine Berbusa

Menurut National Kidney Foundation, adanya busa pada urine menandakan fungsi ginjal yang terganggu. Busa pada urine menandakan bahwa terdapat protein dalam urine.

Protein tersebut adalah albumin dan bisa ditemukan pada telur. Bila tanda-tanda ini berkelanjutan, maka segera periksakan diri ke dokter. (trj)