Setelah Sidoarjo, Giliran Sukorejo Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak

667
Petugas melakukan pemantauan di lokasi terdampak puting beliung di Kecamatan Sukorejo, Selasa (25/10/2022). Foto: istimewa.

Sukorejo (WartaBromo.com) – Angin puting beliung menerjang wilayah Desa Candi Binangun, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Akibatnya, puluhan rumah dikabarkan rusak.

Dusun Montok, desa menjadi lokasi terparah dalam insiden yang berlangsung pada Selasa (25/10/2022) sore sekitar pukul 14.30 itu.

Dalam sejumlah video amatir yang didapat WartaBromo, tampak angin menerjang begitu kencang ke pemukiman warga. Puing-puing bangunan rumah bahkan terlihat beterbangan diterjang angin.

Kepala Desa Candibinangun, Wawan mengungkapkan, berdasar catatan pemerintah desa setempat, ada sekitar 50 rumah warga yang rusak.

“Tidak ada korban jiwa,” kata Wawan.

Namun begitu, menurut Wawan, tidak ada rumah warga yang sampai roboh atau hancur total karena angin puting beliung. Rata-rata, kata dia, kerusakan terjadi pada atap rumah.

Baca Juga :   BPBD Pasuruan Buka Posko dan Sebar Bantuan untuk Korban Banjir

Saat ini pemerintah desa bersama warga dan relawan setempat bergotong royong membantu membenahi rumah-rumah warga yang rusak.

“Ini kami gotong royong membenahi rumah warga yang rusak,” imbuh Wawan.

Sebelumnya, pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menyampaikan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan berkaitan dengan potensi terjadinya cuaca ekstrem dalam beberapa waktu ke depan.

Pada Minggu (23/10/2022) wilayah Kabupaten Sidoarjo telah lebih dulu alami terjangan puting beliung. Dalam insiden itu, sejumlah rumah dikabarkan rusak. (tof/asd)