Meriahnya Festival Bandeng Jelak 2022, 3.000 Tusuk Sate Bandeng Ludes

90

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan menggelar Festival Bandeng Jelak 2022. Sebanyak 3.000 tusuk sate bandeng jelak ludes dalam festival ini.

Festival tersebut dilaksanakan di halaman Gedung Harmonie, Kota Pasuruan, pada Sabtu (05/11/2022).

Rangkaian acara dimulai sejak pagi yakni lomba bandeng, lomba kostum dan yel-yel antar sekolah. Kemudian puncak acara diisi dengan hiburan dan makan 3.000 tusuk sate bandeng bersama warga.

Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo mengatakan, festival ini bertujuan untuk mengenalkan bandeng jelak kepada masyarakat luas. Bandeng jelak adalah produk ikan khas Kota Pasuruan yang dibudidayakan di lingkungan Jelakrejo, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul.

“Bandeng jelak ini berbeda dengan bandeng lainnya. Bibirnya merah muda dan rasa dagingnya tidak berbau tanah,” kata Adi.

Baca Juga :   Libur Panjang Akhir Pekan, Bupati Larang ASN dan Keluarga Bepergian

Adi berharap acara ini dapat direspon positif oleh masyarakat dan semua perangkat daerah. Mempromosikan bandeng jelek, menurutnya, tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Perikanan, tapi juga seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkot Pasuruan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kota Pasuruan, Mualif Arief menambahkan, dinas perikanan kini memiliki program bernama bandeng serbu restoran (Banser).

Mualif mengajak sejumlah hotel, restoran, dan kafe di Kota Pasuruan untuk bersinergi. Mereka, oleh dinas perikanan, diajak kerja sama dengan menyuguhkan bandeng jelak pada menu makanan mereka.

Saat ini, lanjut Mualif, ada sekitar 600 hektar tambak bandeng di Kota Pasuruan. Namun memang, kata dia, produk bandeng yang paling banyak diminati adalah bandeng yang hidup di lingkungan Jelakrejo.

Baca Juga :   Tak Hadirkan Saksi "a de charge", Terdakwa Kasus SDN Gentong Malah Sampaikan Surat Maaf untuk Korban

“Nah ini yang ke depan akan terus kita kembangkan,” ujar Mualif. (tof/**)