Cegah Bencana Alam, Manager PLN: Pahami SOP, Petugas PLN Harus Siap dalam Kondisi Apapun

63
Manager PLN UP3 Pasuruan, M Abdul Basyid (pegang mikrofon) saat memberikan pengarahan kepada petugas PLN jika ada kendala bencana atau cuaca.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bencana alam yang terjadi baru-baru ini terjadi, membuat listrik di lingkungan sekitar ada yang padam.Bahkan juga ada yang padam total. Teknisi Unit Layanan PLN yang sedang berupaya menormalkan konstruksi jaringan listrik, tiba-tiba harus berhenti bekerja.

Hal ini karena di lokasi perbaikan ditemui benda mencurigakan sejenis “proyektil”.Atas supervisi dari manajer Unit Layanan, pekerjaan dihentikan. Kemudian petugas Polresta didatangkan untuk pengamanan benda mencurigakan tersebut.

Warga yang berharap lampu segera menyala, justru dibuat kaget. Karena selain teknisi PLN yang tampak tidak mengerjakan apapun, di lokasi juga dipasang garis polisi sebagai pembatas pengamanan.

Rasa penasaran warga malam itu, membuat sebagian perwakilan warga mendatangi kantor PLN Unit Layanan. Bukannya mendapat penjelasan yang melegakan, perwakilan warga justru merasa dibuat emosi dengan argumen yang disampaikan petugas pelayanan, ditambah sampai hari itu listrik belum kunjung menyala kembali.

Baca Juga :   PLN UPT Probolinggo Sosialisasikan Manfaat dan Bahaya Listrik kepada Warga Gondang Wetan

Hal ini memantik aksi demo di kantor PLN UP3 kemarin. Dalam proses negosiasi, disampaikan proses yang sudah dan sedang dilaksanakan di lokasi dan berdasarkan penjelasan detail dari Manajer UP3 didampingi Manajer Bagian Jaringan, listrik dapat menyala kembali secara normal esok hari pukul 09.00 WIB.Narasi di atas merupakan skenario yang menjadi bahan simulasi yang dilaksanakan para karyawan UP3 Pasuruan berkolaborasi dengan jajaran Polres Kota Pasuruan.

Simulasi unjuk rasa yang dijaga petugas kepolisian sebagai antisipasi petugas PLN UP3 agar selalu siap siaga.

Dalam penjelasan awal sebelum simulasi, Kasat Samapta Polresta Pasuruan Iptu Kokoh Rahmadi, SH menyampaikan, jika Ini semua adalah rangkaian SOP.

“Bagaimana jika kita menemukan hal-hal ini dalam bertugas. Segera laporkan kepada pimpinan, nanti jajaran manajemen juga harus segera berkoordinasi dengan Polres”, ujarnya.

Baca Juga :   Nelayan Asal Kraton Ditemukan Mengambang di Madura setelah 16 Hari Dinyatakan Hilang

Melalui penerapan core value AKHLAK, pelatihan simulasi-simulasi SOP semacam ini serta kolaborasi dengan seluruh stakeholder.

Diharapkan pelayanan ketenagalistrikan dapat semakin baik, cepat dan handal.Manajer PLN UP3 Pasuruan, M Abdul Basyid N.F menyampaikan kesiapsiagaan petugas PLN semua sangat perlu diasah baik dalam momen apapun.“Sehingga pelayanan di seluruh lini dan dalam segala kondisi dapat selalu optimal,” pinta sang Manager. (day/*)