Cara Mengetahui Batu Alam Asli atau Tidak, Ternyata Mudah!

367

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi penggemar aksesoris batu alam tentu harus paham cara mengetahui batu alam asli atau tidak. Sebab sekarang banyak penjual yang memasarkan batu alam duplikat.

Apalagi kian lama batu alam tak hanya digemari orang tua, melainkan juga anak muda. Hal ini dikarenakan batu alam memiliki segudang manfaat dan keunikan lain.

Lantas, bagaimana cara mengetahui batu alam asli atau tidak? Berikut cara mengetahuinya dilansir dari berbagai sumber:

1. Periksa Suhu Batu Alam

Penting dipahami, batu alam yang asli cenderung memiliki suhu dingin. Untuk mengetahuinya, coba tempelkan di leher, pipi atau kulit paling sensitif lainnya.

Bila tidak terasa dingin maka jangan membelinya walau penjual mematok harga mahal. Sebab, batu alam asli memiliki suhu alami dan mudah menyerap dingin.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Jam Digital yang Mati, Mudah dan Dijamin Berhasil!

2. Coba Panaskan Batu

Cara mengetahui batu alam asli atau tidak adalah dengan memanaskan batu tersebut. Nah, penjual batu alam asli pasti tidak ragu menunjukkan proses pemanasan batu alam kepada pembeli.

Hal tersebut dilakukan agar pembeli bisa melihat bila batu alam asli tidak akan gosong atau berubah warna. Justru, batu alam akan nampak seperti berminyak ketika dibakar dan akan segera hilang jika diusap.

3. Cek Serat Batu Alam

Batu alam yang asli akan memiliki serat alami. Seratnya bisa terlihat bila dilihat dengan lampu kecil yang biasa disediakan oleh penjual.

Berbeda dengan batu alam palsu, batu palsu sering kelihatan seperti gelembung di dalamnya, sebagai akibat udara terperangkap saat proses pembuatan.

Baca Juga :   Batu Templek, Potensi Alam Terlupakan Desa Janjangwulung

Itulah cara mengetahui batu alam asli atau tidak yang bisa dipraktikkan. Kalau Bolo ingin beli batu alam asli yang terpercaya langsung saja klik ini. (trj)