Viral Begal Modus Jadi Debt Collector, Begini Ceritanya!

360
Viral Begal Modus Jadi Debt Collector, Begini Ceritanya!
Ilustrasi begal motor.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Begal jalanan tak kehabisan ide untuk menjerat korbannya. Baru-baru ini komplotan begal diduga bermodus jadi debt collector untuk cegat calon korban.

Partono Ahmet Djemat melalui akun Twitternya menceritakan pengalamannya bertemu dengan begal motor yang bermodus jadi debt collector. Ia mengalami peristiwa ini pada Sabtu (26/11/2022) pagi di wilayah hukum Sukaraja, Bogor.

Mulanya, pria dengan akun bernama @partono_Adjem ini sedang menempuh perjalanan pulang dari Cianjur dengan mengendarai motor. 

Sampai di daerah Bogor, Ia mulai mengantuk dan mencari tempat untuk istirahat sejenak. 

“Tiba-tiba lagi riyep mata, ada motor mepet, kirain nanya jalan ya saya berhenti. Maklum ngantuk jadi nggak bisa mikir aneh-aneh dulu,” ceritanya.

Baca Juga :   Karyawan di-PHK Gara-gara Status WA, hingga Kantor Pemkab Pasuruan di Kota Bakal Dipindah | Koran Online 15 Jan

Motor ini berhenti seperti sedang mencegat orang. Ada dua pria yang berboncengan. 

Mereka mengaku dari salah satu perusahaan kredit motor dan menanyakan tentang pembayaran angsuran.

Karena Partono tidak merasa memiliki angsuran, akhirnya Ia lanjut ngegas motor. Namun ternyata komplotan ini terus mengejar hingga terpaksa Partono meladeninya.

Saat itu juga, Partono langsung meminta surat tugas dari mereka. Bahkan si begal menanyai namanya. Padahal semestinya nama harus dikantongi ketika akan menagih kreditur. 

“Jadi di layar HP yang mereka tunjukin, nggak ada itu keterangan dari leasing apa. Nunggak berapa lama dan nggak minta liat STNK,” lanjutnya.

Akhirnya Partono mengaku ini bukan motornya dan meminta si begal datang ke kantornya. Namun si begal tiba-tiba utak atik HP seperti menghubungi teman-temannya. Partono kemudian diajak untuk ke tempat fotocopy dan mencetak surat tunggakan palsu ini. 

Baca Juga :   Wah! Bayi Google Dapat Hadiah dari Google

Partono pun was-was, karena salah satu rekan begal, harus Ia bonceng. “Karena ini motor keyless (tanpa anak kunci, red) ya, mungkin mereka puter otak juga gimana caranya ngakalin kuncinya ya karena gak nempel,” ujarnya.

Sampai akhirnya Partono memiliki ide untuk membelokkan motor ke Polsek Sukaraja yang tak sengaja dilewatinya. Si begal pun kaget dan pura-pura menegor polisi.

“Bilang temen lo, kita transaksi surat ya di sini. Biar Polsek saksinya. Dengan muka yang keliatan banget paniknya, dia menjauh dari saya dan nelpon temen yang tadi,” jelasnya.

Partono berniat untuk memperpanjang urusan ini ke pihak polisi. Namun ternyata, si terduga begal “keyok” sebelum dilaporkan. 

Baca Juga :   Suami yang Aniaya Istri sampai Tewas Ternyata Alami Gangguan Jiwa

Modus ini kata Partono telah Ia baca sebelumnya di salah satu portal berita. Sama persis modusnya, dengan menjadi debt collector dan pembegalan dilakukan saat menuju tempat fotocopy.

“Semoga kalian nggak ngalamin ini,” tutupnya. (May)