Semeru Keluarkan 8 Kali Gempa Letusan, Satu APG Jarak Luncur Hingga 8 KM

310
Semeru Keluarkan 8 Kali Gempa Letusan, Satu APG Jarak Luncur Hingga 8 KM

Lumajang (WartaBromo.com) – Jarak luncur Awan Panas Guguran (APG) yang terjadi di Gunung Semeru sejak dini hari tadi diperkirakan mencapai 8 KM. Selain itu, Semeru juga keluarkan 8 kali gempa letusan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengungkapkan, saat ini masyarakat yang berada di kawasan radius 8 KM dari puncak Gunung Semeru diminta untuk meningkatkan kewaspadaannya.

“Ada APG susulan, agar hindari semua aktifitas disekitar besuk kobokan perlintasan harus tetap ditutup. Masyarakat Kamar A , gumukmas agar menjaga kewaspadaan yang tinggi,” terang Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang, Nur Cahyo, Minggu (4/12/2022).

Disampaikan Nur Cahyo, dari pantauan CCTV PVBG yang berada di Kalilanang, sampai saat ini APG diperkirakan masih dalam radius aman. “Sejauh ini CCTV PVMBG yang di Kalilanang masih aman. APG diperkirakan mencapai 8 km,” imbuhnya.

Sementara Press Release Badan Geologi menginformasikan sumber APG berasal dari tumpukan material di ujung lidah lava, yang berada sekitar 800 meter dari puncak (Kawah Jonggring Seloko). Awan Panas Guguran tersebut terus berlangsung hingga pukul 06.00 WIB jarak luncur telah mencapai 7 km dari puncak ke arah Besuk Kobokan.

Aktivitas kegempaan pada tanggal 4 Desember 2022 pukul 00.00 – 06.00 WIB terekam 8 kali Gempa Letusan, 1 Gempa Awan Panas Guguran yang masih berlangsung hingga pukul 06.00 WIB. Hal ini menunjukkan aktivitas erupsi dan awan panas guguran di Gunung Semeru masih sangat tinggi.

Selain berpotensi terjadi awan panas, potensi terjadinya aliran lahar juga masih tinggi mengingat curah hujan yang cukup tinggi di Gunungapi Semeru. Pemantauan deformasi masih menunjukkan terjadinya inflasi (peningkatan tekanan) yang menunjukkan masih terjadinya proses suplai magma ke dalam kantong magma maupun ke permukaan.

Pemantauan area panas (hotspot) menunjukkan peningkatan adanya anomali thermal menjadi 15 Mw di sekitar area kawah yang mengindikasikan masih adanya tumpukan material panas
pada kawah Gunungapi Semeru. (rul/may)