Semeru Lontarkan Awan Panas Guguran di Hari Peringatan Satu Tahun Erupsi

2196
Semeru Lontarkan Awan Panas Guguran di Hari Peringatan Satu Tahun Erupsi

Lumajang (WartaBromo.com) – Awan Panas Guguran meluncur tepat satu tahun peringatan erupsi Gunung Semeru di Lumajang. APG terjadi pada Minggu (4/12/2022) sejak pukul 03.00 WIB hingga saat ini.

Laporan Pos Pengamatan Gunungapi Semeru, Badan Geologi, PVMBG menjelaskan telah terjadi erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur pada tanggal 04 Desember 2022 pukul 02:46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.500 m di atas puncak (± 5.176 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah tenggara dan selatan.

“Awan panas guguran masih berlangsung, Erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat,” ungkap Mukdas Sofian, petugas Pos Pantau Gunung Semeru.

Baca Juga :   Setelah Gempa Magnitudo 5,4 di Lumajang, Ada 34 Kali Gempa Susulan

Saat ini Gunung Semeru berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Sementara, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas di jarak yang berpotensi bencana.

“Mohon Doa, Semeru mengeluarkan awan panas guguran tepat satu tahun erupsi 4 Desember 2021 lalu. Pos Pantau BPBD di Curahkobokan sudah menutup semua lintasan, tidak boleh ada satu orang warga pun yang berada di sekitarnya, baik melintas maupun berakitifitas,” ujarnya. (rul/may)