Jadi Langganan Banjir, Dewan Dorong Pemkab Bangun Shelter di Bangil

106

Bangil (WartaBromo.com) – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Rusdi Sutejo mendorong Pemkab membangun shelter permanen di Bangil.

Hal itu disampaikan Rusdi kala menjadi pembicara pada diskusi bertajuk ‘Bangil Ibu Kota (Banjir)’ di Kelurahan Kalianyar, Rabu (7/12/2022) lalu.

Rusdi menilai, selama ini penanganan banjir terkesan lambat. Karena itu, ia mendorong Pemkab membangun shelter guna meningkatkan kesigapan ketika bencana terjadi.

“Banjir di Bangil itu setiap tahun terjadi. Kalau sudah begitu, aktivitas warga pasti terganggu. Tidak bisa memasak. Memang ada bantuan nasi bungkus, tetapi seringkali datangnya terlambat,” kata Rusdi.

Keterlambatan itu, lanjut politisi Gerindra ini salah satunya pendirian dapur umum yang juga terlambat. “Dari pada begitu, sebaiknya bangun shelter permanen,” kata Rusdi.

Selain untuk dapur umum, shelter tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan perlengkapan kebencanaan. Seperti perahu karet dan sebagainya. Bahkan juga bisa sebagai tempat evakuasi warga.

“Karena warga tak pernah tahu kapan banjir itu terjadi. Kadang juga malam hari. Kalau sudah begitu, masyarakat pasti bingung harus kemana. Padahal ada juga warga yang sakit,” jelas Rusdi. (tof/asd)