Comeback Ke Dunia Politik, Rukmini Digandeng PPP

323
Rukmini yang diusung sebagai calon wali kota Probolinggo oleh PPP. Sebelumnya, ia menjabat sebagai wali kota Probolinggo melalui PDIP. Foto: Sundari Adi Wardhana.

Probolinggo (WartaBromo.com) – Mantan Wali Kota Probolinggo, Rukmini Bukhori kembali lagi (comeback) ke dunia politik yang membesarkan namanya. Kini ia digandeng PPP untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024.

Pinangan dari partai berlambang Kakbah itu terungkap dalam Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) I DPC PPP Kota Probolinggo yang berlangsung di Hotel Bromo View, Minggu (11/12/2022). 

Pinangan itu menandai kembalinya Rukmini ke kancah politik. Sebagai catatan, setelah tak lagi menjabat Wali Kota Probolinggo pada 2019 lalu, Rukmini memilih fokus pada rumah tangganya.

“Dulu saya tidak bertarung dalam Pilwali lalu, karena fokus pada keluarga yang saat itu ada problem. Faktor kedua adalah partai saya memilih calon lain untuk bertarung,” kata Rukmini, Rabu (14/12/2022).

Perempuan kelahiran 1957 itu, mengaku dirinya kembali ke dunia politik karena berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah aspirasi masyarakat. Termasuk juga melanjutkan beberapa program yang dulu pernah disusunnya.

“Bismillah, saya niatkan untuk maju dan menerima pinangan PPP. Bukan karena banyak uang, karena sebenarnya ini nekat. Namun, ingin melanjutkan program yang terputus,” sebut Wali Kota Probolinggo 2014-2019 itu.

Sebelum melangkah pada Pilwali Probolinggo, yang paling penting menurut Rukmini, menang di legislatif. Dirinya akan membantu PPP yang saat ini hanya memiliki 3 kursi di DPRD Kota Probolinggo.

“Ya paling tidak 6 kursi. Kalau 6 kursi terpenuhi, PPP bisa memberangkatkan calon wali kota tanpa harus berkoalisi. Itu yanhg lebih penting,” kata wanita yang suka menyanyi lagu Perahu Layar itu.

Wakil Ketua Bidang OKK DPW PPP Jawa Timur Mujahid Anshori mengatakan, ada 2 pekerjaan besar jelang 2024. Pertama, jihad memenangkan PPP dalam pemilu. Kedua mengantarkan Rukmini menjadi Wali Kota Probolinggo periode 2024 – 2029.

“Soal siapa yang akan dicalonkan, ada beberapa nama, tapi mengerucut ke Hajah Rukmini. Kita ikuti prosesnya,” ucapnya ketika dikonfirmasi secara terpisah. (saw/asd)