Cara Mengecilkan Benjolan Ambeien pada Anak Tanpa Obat Medis

711

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagai orang tua tentu khawatir bila anak mengalami ambeien. Pasalnya, anak akan kesakitan saat buang air besar.

Tak cuma rasa sakit, benjolan ambeien juga bisa menyebabkan tinja disertai darah. Menanggapi hal tersebut, sebagai orang tua jangan panik dan jangan terburu membawa ke dokter.

Sebab, dilansir dari berbagai sumber ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan benjolan ambeien tanpa obat medis. Apa saja?

1. Rendam Anak di Halam Air Hangat

Cara menghilangkan benjolan ambeien pada anak yang pertama adalah dengan merendamkan diri di air hangat. Merendam anak di dalam air hangat bisa mengurangi bengkak dan iritasi pada wasir.

Baca Juga :   Menyusu Sambil Tiduran Ternyata Berisiko Bagi Kesehatan

Untuk memaksimalkan penyembuhannya, beri cuka apel dalam air yang akan digunakan berendam. Usahakan merendam anak dua kali sehari sebelum mandi.

2. Kompres dengan Es Batu

Cara selanjutnya adalah dengan mengkompres benjolan ambeien dengan es batu. Sensasi dingin dari es batu bisa mengurangi bengkak dan gatal pada area anus.

Bagaimana cara pengaplikasiannya? Yakni bungkus es batu dengan handuk atau sapu tangan yang permukannya halus. Kemudian kompres secara perlahan.

3. Rutin Minum Air Putih

Menurut sebuah riset di dalam The Permanente Journal, kebanyakan kasus penyakit dubur, termasuk ambeien, bisa terjadi akibat kurangnya cairan dari pola makan.

Oleh karena itu, disarankan untuk rutin memberi anak minum air putih agar feses melunak dan mudah melewati usus. Dengan demikian, feses dapat dikeluarkan tanpa membutuhkan banyak energi. (trj)