Warga Jugosari Tewas Tertimbun Longsoran Saat Benahi Pipa Saluran Air Bersih 

161

Candipuro (WartaBromo.com) – Slamet Junaedi (54) warga Dusun Kampung Baru RT 12 RW 03 Desa Jugosari Kecamatan Candipuro ditemukan tewas setelah tertimbun longsoran rumpun bambu, Selasa (17/1/2023) sore.

Murtopo, Kasun Sumberlangsep, Desa Jugosari mengatakan, sebelumnya korban bersama 9 orang warga lainnya pergi membenahi saluran air bersih yang sudah lama macet di sungai belakang rumahnya. Kemudian terjadi hujan dengan intensitas cukup tinggi.

Korban saat itu tengah berada di atas tanggul sungai untuk membersihkan batang-batang bambu yang menjadi penyebab macetnya saluran air. Tak lama kemudian, rumpun bambu yang dipotong mengalami longsor. Sehingga korban terjatuh dan longsoran rumpun bambu menimbunnya.

“Teman-temannya berusaha menolong akan tetapi matrial rumpun yang rimbun sangat sulit untuk melakukan pertolongan sehingga temannya kemudian melaporkan kepada Balai Desa,” terangnya.

Murtopo yang menerima laporan, segera meneruskan laporan tersebut kepada Babinsa setempat dan BPBD Kabupaten Lumajang.

Tak lama berselang, Tim TC BPBD Kabupaten Lumajang tiba di lokasi dan langsung melakukan evakuasi bersama warga, Babinsa, personil Polsek setempat. Korban, Slamet Junaedi pun berhasil ditemukan dan evakuasi dalam kondisi meninggal.

Jenazah korban kemudian dibawa ke rumah duka dan dimakamkan di pemakaman umum Dusun Kampung Baru Desa Jugosari. (rul/may)