Ruko Terbakar Gara-gara Pertalite, Dua Orang Jadi Korban

223
Ruko Terbakar Gara-gara Pertalite, Dua Orang Jadi Korban

Yosowilangun (WartaBromo.com) – Kebakaran terjadi di Desa Darungan, Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Sebuah ruko terbakar gara-gara terkena percikan api pertalite dari kios bensin.

Peristiwa ini terjadi di ruko milik Sutirto (54) pada Rabu (18/1/2023) pagi. Kebakaran tersebut diduga lantaran percikan api yang menyambar bahan bakar minyak jenis pertalite.

Saat itu, di ruko milik Sutirto memang sedang melakukan pengisian BBM eceran ke jerigen. Selain itu, Sutirto juga sedang menambal ban motor.

“Pemilik ruko sedang menambal ban sepeda motor menggunakan alat LPG kemudian percikan api menyambar BBM pertalite yang tumpah ke tanah yang pada saat bersamaan sedang di lakukan pengisian BBM Pertalite ke sebuah jerigen,” terang Nur Cahyo, petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang.

Satu unit Damkar Satpol PP dan regu siaga TRC BPBD Kabupaten Lumajang diterjunkan ke lokasi untuk menjinakkan api. Petugas yang kesulitan, juga dibantu oleh jajaran TNI-Polri serta warga sekitar.

Akibat peristiwa ini, ruko milik Sutirto habis dilalap api. Selain membakar ruko dan isinya, kebakaran tersebut menyebabkan dua orang menderita luka bakar sedang.

Korban adalah Agus Supriyanto (37) warga Desa Darungan yang mengalami luka bakar di bagian tangan dan kaki. Saat ini sudah di rawat di Klinik Wiratama Karanganyar dan akan dirujuk ke RS Bhayangkara Lumajang. Kemudian Wawan (47) warga Desa Karangrejo, mengalami luka ringan pada jari-jari kaki kanan. Korban kedua ini dilarikan ke Puskesmas Yosowilangun.

Sementara itu, kerugian ruko mencapai lebih dari Rp150 Juta. Seluruh bangunan beserta barang jualan milik Sutirto ludes terbakar. (Rul/may)