Diterjang Lahar Dingin, Tali Angin Jembatan Kaliregoyo Terputus

180
Diterjang Lahar Dingin, Tali Angin Jembatan Kaliregoyo Terputus

Candipuro (Wartabromo.com) – Hujan deras terjadi di wilayah selatan Kabupaten Lumajang pada Sabtu (29/1/2023). Akibatnya, tali angin Jembatan Kaliregoyo, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro terputus.

Informasi yang diperoleh dari Pos Pantau Gunung Semeru, Pukul 15.36 WIB terjadi banjir dengan amak 35 mm, banjir lahar dingin menerjang Kaliregoyo

Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Lumajang sudah melakukan koordinasi dengan jajaran Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur-Bali untuk melakukan pengecekan secara langsung kondisi akibat banjir lahar dingin.

“Tali angin terputus, hari ini dicek ulang karena kemarin kondisi masih air besar, dan juga koordinasi dengan Balai Besar Jalan,” terang Heri Kurniawan, Kabid Bina Marga DPUTR Kabupaten Lumajang, saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp, Senin (30/1/2023).

Baca Juga :   Tentara dan Balita Tersambar Kereta Api hingga Remaja Ditusuk Gara-gara Geber Knalpot | Koran Online 27 Des

Sejumlah wilayah di Kabupaten Lumajang juga terpantau terjadi hujan sejak Sabtu siang hingga malam hari. Kondisi tersebut sangat berpengaruh terhadap debit air yang mengalir di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Semeru.

Sementara Kustari, Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang tetap mengimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas di sekitar DAS apalagi saat hujan terjadi.

“Untuk yang berada di sekitaran DAS, dimohon untuk hati hati meningkatkan kewaspadaannya dan siaga di karenakan visual gunung berkabut dan cuaca hujan potensi APG sewaktu2 bisa terjadi,” pungkasnya. (rul/may)