Berdalih Ingin Langgeng, Pria di Tongas Ini Beri Mas Kawin Linggis pada Istrinya

927
Mukmin menunjukkan mas kawin linggis yang diberikan pada istrinya.

Tongas (WartaBromo.com) – Mahar pernikahan calon pasangan biasanya menggunakan uang atau perhiasan emas. Di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, seorang pria menikahi calon istrinya dengan mahar linggis.

Pria itu adalah Samsul Mukmin (46) warga Desa Tongas Wetan yang menikahi  Sumiati (45) warga Desa Bayeman, Jumat sore (3/2/2023) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tongas.

Pernikahan keduanya didaftarkan di KUA Tongas dengan linggis sebagai maskawin. Tak hanya linggis, Samsul Mukmin juga memberikan mahar tunai tambahan kepada calon istrinya sebesar Rp 100.000.

Terkait mahar itu, Samsul mengaku memiliki maksud tersendiri. “Saya pernah menikah sebelumnya, begitu juga istri saya. Jadi saya ingin pernikahan ini sekuat dan sekokoh linggis ini,” tuturnya.

Baca Juga :   755 Calon Bertarung di Pilkades, hingga Aksi Tim Cobra Tembak Mati Pembunuh | Koran Online 23 Nov

Sumiati menuturkan jika dirinya tak menolak pemberian mahar itu. Ia bahkan secara khusus menyatakan kesediaannya menerima linggis sebagai tambahan mahar dalam pernikahannya.

“Ya, saya dengan senang hati menerima mahar ini. Semoga pernikahan kita terus berlanjut dan kuat,” kata Sumiati sambil tersenyum.

Keduanya didampingi anggota keluarga saat menikah di KUA Tongas. Meski sederhana, senyum kebahagiaan terpancar dari keduanya.

Sebelum ijab kabul, Wildan Mahbubul Haq, Kepala KUA Kecamatan Tongas memberikan arahan bimbingan perkawinan (Binwin) kepada pengantin baru tersebut.

“Jadi jangan dilihat besar kecilnya mas kawin. Semoga filosofi yang kuat dan fungsinya yang banyak ini dapat menciptakan ikatan yang kuat dalam pernikahan juga. Itu membuat pasangan Sakinah, Mawaddah, Warahmah,” kata Wildan. (lai/saw/asd)