Inilah Amalan Doa dari KH Hasyim Asy’ari untuk Nahdlatul Ulama

2491

Pasuruan (WartaBromo.com) – KH Hasyim Asy’ari selalu memiliki sisi istimewa bagi pemeluk Islam, utamanya warga Nahdlatul Ulama (NU). Pasalnya, ia merupakan pendiri NU dan banyak memberikan amalan doa.

Adapun doa yang paling banyak diamalkan warga NU adalah doa untuk NU. Doa ini biasa dibaca pada acara-acara NU.

Apakah doa itu? Berikut dilansir dari nu.or.id:

اَللّٰهُمَّ أَيْقِظْ قُلُوْبَ الْعُلَمَاءِ وَالْمُسْلِمِيْنَ مِنْ نَوْمِ غَفْلَتِهِمِ الْعَمِيْقِ وَاهْدِهِمْ إِلَى سَبِيْلِ الرَّشَادِ. اَللّٰهُمَّ يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ أَحْيِ جَمْعِيَّتَنَا جَمْعِيَّةَ نَهْضَةِ الْعُلَمَاءِ حَيَاةً طَيِّبَةً إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ بِبَرَكَةِ “فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً

Artinya:Ya Allah, bangunkanlah hati para ulama dan umat Islam dari kelalaian yang dalam dan berkepanjangan dan tuntunlah mereka ke jalan petunjukMu. Ya Allah, yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, hidupkanlah jam’iyyah kami jam’iyyah Nahdlatul Ulama (NU) dengan kehidupan thoyyibah (kehidupan yang baik sesuai kehendakMu) hingga hari kiamat dengan berkah.

Setelah itu, KH Hasyim Asy’ari melanjutkan berdoa dengan membaca beberapa bacaan dari ayat Al-Qur’an, diantaranya:

فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً (النحل: ٩٧)

Artinya: “Maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik” (QS An-Nahl: 97).

فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِيْ إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُوْنَ (ابراهيم: ٣٧)

Artinya: “Maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (QS Ibrahim: 37).

itulah amalan doa dari KH Hasyim Asy’ari untuk NU. Doa di atas bisa Bolo baca setiap saat atau saat ada perayaan hari besar NU seperti Harlah ke 1 abad pada (7/2/2023) mendatang. (trj)