Tekan Harga Beras, Pemkot Pasuruan Operasi Pasar

174

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan bersama Bulog melakukan operasi pasar di Kota Pasuruan. Hal ini dilakukan untuk menekan harga beras di pasar yang mencapai Rp12.000,- per Kg.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan, Yanuar Afriansyah mengatakan operasi pasar ini bertujuan untuk menstabilkan harga beras saat ini.

“Karena, harga beras di Kota Pasuruan sekarang mencapai Rp12.000, dan pasar murah ini agar menekan harga beras tersebut harapanya bisa mencapai Rp9.450,-.karena harga eceran tertinggi (HET) untuk beras medium yaitu Rp9.450 per kg,” ujar Yanuar.

Sebanyak 11 (sebelas) Ton beras di distribusikan di Tiga Pasar Kota Pasuruan, adapun rinciannya sebagai berikut:

  • 4 ton di Pasar Besar Pasuruan.
  • 3 ton Pasar Kebonagung.
  • 4 ton Pasar Karangketug.
Baca Juga :   Balur 2,5 Ton Ikan Asin dengan Formalin, Tengkulak Asal Lekok Ditangkap Polisi

Beras yang di jual dengan harga murah ini, merupakan beras medium. Total keseluruhan beras yang disalurkan adalah 11 ton.

Pada kesempatan yang sama, kepala Bulog Cabang Malang, Siane Dwi Agustina, beras ini akan dijual dengan harga Rp. 47.000,- per 5 kg.

Adapun harga tersebut diperuntukkan khusus pedagang pasar. Artinya, masyakarat bisa tidak diperkenankan membeli beras ini secara langsung.

“Nanti, setiap pedagang yang menjual beras ini, ada spanduknya. Ini kita lakukan untuk menstabilakn harga beras di pasaran,” pungkasnya. (trj/**)