Cara Agar Lolos Seleksi BUMN 2023

390

Pasuruan (WartaBromo.com) – Menjadi pegawai di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bukan perkara mudah. Pasalnya, ada beberapa tahapan seleksi yang harus dihadapi dan pelamar harus meraih nilai tinggi di setiap seleksinya.

Ini dikarenakan, pegawai BUMN dituntut untuk mampu menyeimbangkan kemampuan diri di berbagai kompetensi dan bidang. Belum lagi di beberapa BUMN mewajibkan pegawainya mahir berbahasa asing.

Nah, bagi Bolo Warmo yang berminat mendaftar di salah satu BUMN, sebaiknya ketahui cara agar lolos seleksi BUMN 2023 yang bakal dibuka lagi pada bulan Februari ini.

1. Cermati Posisi yang Dilamar

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pendaftar adalah mencermati posisi yang dilamar, termasuk latar belakang serta bidang pekerjaan yang dibuka seleksinya.

Bila posisi tersebut sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki, tentu besar kemungkinan untuk diterima. Bolo bisa juga meminta saran dari rekan yang sudah berpengalaman dan lolos BUMN di tahun sebelumnya.

2. Persiapkan Berkas dan Persyaratan

Setelah memilih posisi yang akan dilamar, berikutnya penting untuk mencermati setiap persyaratan yang dibutuhkan.

Setelah itu, Bolo harus menyiapkan satu demi satu persyaratannya dan dipastikan tidak ada yang terlewatkan. Terkait berkas dan persyaratnnya bisa dilihat di website resmi rekrutmen BUMN 2023.

3. Ikuti Mekanisme Pendaftaran Seleksi Secara Tepat

Sesudah menyiapkan berkas secara lengkap maka yang selanjutnya perlu dilakukan adalah mengikuti mekanisme pendaftaran secara runtut. Pasalnya, meski terbilang sepele tanpa mengikuti instruksi yang sesuai bisa jadi lamaran yang diajukan akan sia-sia saja.

Sebagai contoh, di seleksi BUMN sebelumnya banyak peserta yang gugur hanya karena terlewat mengikuti trial tes SKD. Padahal, terkait jadwal dan link trial sudah disampaikan jauh-jauh hari sebelum tes.

4. Belajar di Jauh-jauh Hari

Bila persiapan dari segi keadministrasian telah selesai, maka pendaftar harus menyiapkan diri untuk mengikuti serangkaian ujian. Usahakan untuk belajar semua materi terkait semua tes BUMN jauh-jauh hari.

Untuk materinya bisa Bolo lihat di YouTube, website dan berbagai layanan penyedia PDF simulasi tes BUMN. Bila perlu, Bolo bisa berlangganan try out khusus tes BUMN 2023.

5. Perbanyak Doa

Terakhir, jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan cara berolah raga dan mencukupi nutrisi, agar bisa lancar menjalani setiap seleksinya.

Selain itu pastikan untuk memperbanyak doa, agar Tuhan memberikan kelancaran untuk semua prosesnya. (trc/trj)