Hendak Dipakai Ujian, 29 Laptop di SMKN Kotaanyar Raib Digondol Maling

205

Kotaanyar (WartaBromo.com) – Puluhan laptop milik SMKN Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo raib pada Jumat (17/2/2023). Rencananya laptop yang bakal digunakan untuk uji kompetensi siswa itu, senilai Rp 197 juta.

Ada 29 laptop milik sekolah negeri itu yang raib digondol maling. Selain itu, pelaku juga membawa kamera digital. Serta 2 PC all in one juga berhasil diembat pelaku. Diperkirakan total kerugian ditaksir Rp 197 juta.

Kepala Sekolah SMKN Kotaanyar, Sahudi menyebut, tidak tahu pasti waktu kejadiannya. Raibnya barang elektronik itu diketahui ketika salah satu guru hendak masuk ke ruang laboratorium sekitar pukul 07.00. Saat itu gembok pintu sudah rusak.

“Kalau sebelumnya sama sekali tidak kami ketahui, tahunya setelah saya dikabari guru kalau gembok pintu di ruang laboratorium rusak, ya curiganya memang lewat pintu, karena posisi kunci gembok sudah rusak,” kata Sahudi.

Ia mengatakan, harga 1 laptop di kisaran Rp 9 juta. Sementara kamera dibeli sekitar 5 jutaan “Kalau untuk kerugian ya ratusan juga,” tambah Ketua MWC NU Kecamatan Kraksaan itu.

Menurut Sahudi, puluhan laptop yang dicuri itu, akan digunakan untuk melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) pada Senin (20/2/23).

“Jadi laptop yg ada di laboratorium itu sedang kami servis untuk persiapan pelaksanaan UKK, malah hari ini dicuri,” ungkap Sahudi dengan nada lesu.

Sementara itu, pihak Polsek kotaanyar beserta tim identifikasi Polres Probolinggo sedang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi. Sampai berita ini ditulis, kepolisian belum memberi keterangan apapun. (cho/saw/asd)