Tiga Rumah Rusak Akibat Longsor di Prigen, Sementara Tiangnya Pakai Penyangga Bambu

451
Kondisi salah satu rumah milik warga yang tertimpa longsor di Prigen Kabupaten Pasuruan, Sabtu (4/3/2023) sore.

Prigen (WartaBromo.com) – Sebanyak Tiga rumah milik warga di Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan rusak akibat tertimpa longsoran tanah.

Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (04/03/2023) sore kemarin sekitar pukul 16.00 WIB di Desa Lumbangrejo dan Kelurahan Pecalukan Kecamatan Prigen.

Kapolsek Prigen, AKP Sugiyanto mengatakan, hujan deras mengguyur wilayah Prigen sejak Sabtu siang pukul 12.00 WIB. Di Kelurahan Pecalukan, tanah longsor terjadi di jalan raya depan wisata air terjun kakek bodo.

“Material longsor setebal tiga meter dengan panjang tiga meter tersebut sempat menutup jalan raya,” kata Sugiyanto.

Sementara di Desa Lumbangrejo, tanah setinggi tujuh meter longsor dan menimpa tiga rumah warga. Material longsor setebal empat meter dengan panjang delapan meter tersebut merusakkan dinding rumah milik tiga warga tersebut.

Baca Juga :   Longsor di Piket Nol, Akses Lumajang - Malang Lumpuh Total

Sugiyanto menyebut, untuk sementara rumah warga yang tertimpa longsor dipasang penyangga dari bambu. Ini dilakukan agar atap tidak ikut ambrol.

“Korban jiwa tidak ada,” ujar Sugiyanto.

Selain tanah longsor, kawasan Tretes tepatnya di lingkungan Pesanggrahan juga diterjang banjir pada hari yang sama. Banjir menggerus jalan paving yang ada di sepanjang Gang Travo dengan radius empat meter dan kedalaman sekitar 40 cm.

BPBD Kabupaten Pasuruan bersama polisi, TNI, dan warga secara bersama-sama kerja bakti membersihkan material longsor serta lumpur sisa banjir di area yang terdampak. (tof/yog)