Sempat Hilang Kendali, Begini Kronologi Kecelakaan Bus di Lumbang

732
Bus Wisata Blong di Jalur Bromo

Lumbang (WartaBromo.com) – Sebelum menabrak kendaraan dan warga, bus pariwisata yang mengalami kecelakaan di lumbang sempat hilang kendali.

Informasi yang dihimpun, tabrakan bus maut di lumbang itu, awal terjadi di depan pasar Lumbang. Di lokasi ini, bus yang disopiri Mansyur Wahyudin ini menabrak sedikitnya lima unit kendaraan roda empat.

Dua unit kendaraan boks pengangkut barang, pikup dan minibus. “Biasanya anak saya maen di depan sini, karena dibalik pagar ini kan kamar. Tapi untung saja, saat kejadian tadi anak saya ikut ke rumah saudaranya,” jelas Arifin, warga setempat, Selasa (07/03/2023).

Akibat benturan itu, rumah Arifin rusak parah. Lantaran truk boks engkel yang bongkaruat barang di depan rumahnya, ditabrak bus rombongan MA Al-Azhar Depok yang nahas.

Baca Juga :   Hindari Kendaraan, Bus Rosalia Indah Sasak Dua Rumah di Rejoso

Menurut Arifin, dari atas pasar bus sudah kelihatan ‘nyelonong’. Lalu, sampai akhirnya menabrak mobil di depan pasar itu.

Kendaraan terus melaju kemudian berhenti di depan areal pekarangan warga. Di lokasi berhenti ini, bus dalam posisi melindas seorang siswi pelajar.

Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP Sapari menyebut, sopir sudah berusaha menghentikan laju kendaraan. Begitu mengetahui rem bermasalah.

“Dicobanya menurunkan dari gigi tiga ke dua, tapi tidak bisa. Begitu berhasil, laju bus makin tak terkendali. Akhirnya sopir berinisiatif mencari tahanan yang kuat untuk menghentikan laju bus, ditabrakkan ke mobil itu,” terangnya.

Seluruh kendaraan yang terlibat kecelakaan, dievakuasi ke unit laka Satlantas Polres Probolinggo. Polisi masih melakukan olah TKP dan memeriksa saksi.

Baca Juga :   Bus Kuning Terguling di Raci, Seorang Penumpang Dilaporkan Meninggal

Sementara korban, dievakuasi ke fasilitas kesehatan terdekat. Lalu dirujuk ke rumah sakit yang lebih lengkap. Guna mendapat penanganan medis. (lai/Saw/yog)