Bahayanya Menggunakan Bantal Elektrik

1102

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kini bantal kesehatan elektrik banyak diburu orang karena dianggap bisa membantu peredaran sirkulasi darah. Namun ternyata, di balik kecanggihannya ada beberapa risiko yang ditimbulkan.

Bantal kesehatan elektrik adalah bantal yang dirancang untuk memberikan terapi listrik ke tubuh saat tidur. Bahkan, menurut beberapa sumber bantal ini sangat membantu para penderita darah tinggi dan pengidap vertigo untuk melancarkan peredaran darah dari kepala ke tubuh.

Lantas, apa saja bahayanya menggunakan bantal elektrik?

1. Risiko Terbakar

Bantal kesehatan elektrik menggunakan listrik untuk memberikan terapi. Jika tidak digunakan dengan benar, bantal ini dapat menyebabkan terbakar dan bahkan ledakan.

Untuk itu, disarankan untuk tidak menyalakan bantal elektrik ini pada listrik yang bertegangan tinggi. Akan lebih baik segera mencabut kabel penghubung saat bantal sudah terasa hangat.

Baca Juga :   Warga Probolinggo Masih Takut Divaksin Covid-19

2. Risiko Kejut Listrik

Jika bantal kesehatan elektrik rusak atau tidak digunakan dengan benar, dapat menyebabkan kejutan listrik yang berbahaya bagi pengguna.

Kejutan ini biasanya terjadi karena bantal mengalami konslet listrik. Bisa juga karena salah satu kompenen yang ada di dalam bantal sudah rusak.

3. Risiko Radiasi Elektromagnetik

Bantal kesehatan elektrik dapat memancarkan radiasi elektromagnetik yang dapat mempengaruhi kesehatan.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa paparan jangka panjang terhadap radiasi elektromagnetik dapat meningkatkan risiko kanker dan gangguan kesehatan lainnya. (trj)