Mitos Orang yang Lahir Jum’at Kliwon Berdasarkan Primbon Jawa, Bolo Percaya?

1085

Pasuruan (WartaBromo.com)Banyak masyarakat yang menganggap bahwa orang yang lahir di hari Jumat Kliwon dikenal dengan orang memiliki hubungannya dengan hal gaib dan mistis.

Nyatanya, berbeda dengan orang yang lahir di Jumat Kliwon dilihat dari wetonnya. Sebab, tanggal dan waktu kelahiran bagi kepercayaan orang Jawa untuk menandai tentang suatu hal di kehidupan.

Misalnya, persoalan watak, jodoh dan rezeki. Orang yang lahir pada Jumat Kliwon mempunyai neptu yang besar, yaitu 14 karena Jumat 6 dan Kliwon 8.

Selain itu, orang yang lahir pada jumat Kliwon ternyata memiliki sifat dan watak yang baik.

Jadi, penasaran kan? Nah, berikut ini keistimewaan orang lahir pada hari Jumat Kliwon dilansir dari berbagai sumber:

Baca Juga :   Mitos Turun Hujan Saat Cuaca Panas

1. Watak

Seseorang yang memiliki weton Jumat Kliwon ternyata memiliki karakter watak yang baik, ramah dan tulus hati serta berwibawa tinggi, lho.

Tak hanya itu, mereka juga memiliki karakter konsisten terhadap waktu, mempunyai kemampuan berbicara yang baik, amanah, suka membantu, kreatif dan pandai bergaul.

2. Pekerjaan

Menurut kepercayaan Jawa, orang yang mempunyai weton Jumat Kliwon tidak cocok menjadi seorang pekerja. Namun, lebih tepatnya Ia menjadi seorang bos atau bekerja sendirian.

Seperti halnya, petani dan peternak. Akan tetapi, menjadi wirausaha adalah pilihan tepat. Karena orang yang lahir pada Jumat Kliwon mereka lebih leluasa bergerak secara mandiri.

3. Jodoh

Selanjutnya menurut primbon Jawa, jodoh yang cocok bagi kelahiran Jumat Kliwon adalah seseorang yang memiliki neptu besar antara 15 atau 10, seperti Minggu Legi, Jumat Pahing, Selasa Pon, Kamis Pon, dan Rabu Kliwon.

Baca Juga :   Hal-Hal yang Dipercaya Orang Jawa, Supaya Bisa Cegah Hujan

Sebab, ketika dua weton tersebut dipertemukan akan menimbulkan keistimewaan dalam garis hidupnya dan dapat membawa kebahagiaan dan kesejahteraan rumah tangga. (tra/trj)