Hidden Gem Kuliner Legendaris Khas Lumajang yang Wajib Dicoba!

312

Pasuruan (WartaBromo.com)Lumajang menjadi salah satu daerah di wilayah Jawa Timur yang jarang sekali dieksplor. Bahkan namanya pun kalah bila dibandingkan dengan Malang, Surabaya, dan Jember.

Meski begitu, tahukah Bolo kalau ternyata Lumajang punya hidden gem kuliner yang legendaris? Menurut berbagai sumber, banyak orang mengaku rasa dari beberapa tempat kuliner ini sangat lezat.

Apakah sudah mulai penasaran? Tak berlama-lama, inilah kuliner legendaris khas Lumajang yang bikin ngiler dan rasanya lezat!

1. Rawon Bu Katun

Nah, bagi pecinta rawon yang sedang melintasi Lumajang maka harus mencoba rawon Bu Katun.

Pasalnya, rawon Bu Katun merupakan depot kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1950-an. Tentunya, soal rasa dan kelezatan jangan ditanya lagi pasti mantab.

Baca Juga :   Deretan Fakta Tersembunyi Kolak

Rawon Bu Katun memang seperti rawon pada umumnya, yakni disajikan dengan topping sambal taoge yang pedas dan segar. Namun, yang membedakan rawon ini tidak memakai kluwek, melainkan kecap.

Selain itu, ada semacam kuah semur kental yang berisi potongan tahu. Tak lupa, diberi sambal bali yang rasanya sama sekali tak pedas.

Rawon Bu Katun ini berada di Jalan Ade Irma Suryani No.13, Rogotrunan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Buka pukul 05.30 WIB sampai habis, untuk harganya sekitar Rp20.000 sampai Rp27.000 saja.

2. Es Campur Jelita

Menurut informasi, es campur ini adalah salah satu kuliner legendaris di Lumajang yang berdiri sejak tahun 1956. Nama kedainya adalah Es Campur Jelita.

Baca Juga :   Lupis, Jajan Pasar Melegenda Tak Habis Termakan Zaman

Rasa es campur ini sangatlah segar dan nikmat. Adapun isian es campur ini bermacam-macam, ada irisan kolang-kaling, pepaya, cincau dan melon kemudian ditambahkan parutan es hingga menggunung.

Setelah itu, disiramkan sirup autentik dengan resep rahasia keluarga di atas parutan lembut es serta disajikan dengan piring besar.

Es campur Jelita berada di lokasi Jalan KH. Wahid Hasyim, Tompokersan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Buka senin-sabtu pukul 09.00-19.00 WIB dengan harga Rp10.000 sampai Rp20.000

3. Pecel Telo

Berbeda dari pecel pada umumnya, pecel telo berisi isian jantung pisang, kacang panjang, dan semanggi. Keunikan dari pecel ini adalah saus bumbunya.

Nah, bumbu yang digunakan pada pecel telo terbuat dari telo atau ubi jalar yang dihaluskan. Kemudian ada daun ubi jalar di dalam pecel telo.

Baca Juga :   Mencicipi Nikmatnya Es Krim Batok Kelapa Merdeka

Pecel dijual di berbagai tempat lumajang salah satunya adalah sekitaran Pasar Sukodono Lumajang yang buka subuh. Untuk harganya, Bolo bisa langsung ke lokasi, ya! (tra/trj)