Kegiatan Menyenangkan Agar Anak Bisa Kuat Puasa Sehari Penuh

49

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mengajarkan anak yang baru berusia 6 tahun untuk berpuasa bukan hal mudah. Pasti banyak cobaan dan hal-hal yang menggagalkan perjalanan puasa mereka.

Namun, sebagai orang tentu bisa berusaha untuk memaksimalkan usaha agar anak bisa lancar puasa. Seperti mengajak anak melakukan kegiatan tertentu agar puasa menjadi menyenangkan.

Apa saja kegiatan tersebut? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Membaca Buku atau Komik Seru

Saat anak mulai terlihat lemas, terutama beberapa jam menjelang buka puasa, orang tua bisa mengalihkan perhatianya dengan mengajak anak untuk mengunjungi toko buku.

Ajaklah anak untuk memilih buku atau komik seru kesukaan mereka. Agar lebih menyenangkan, pertimbangkan juga untuk membuat agenda “Satu Hari Satu Komik” selama Ramadan.

Baca Juga :   Begini Pola Asuh Anak Berdasar Urutan Kelahiran

2. Ajak Anak Berbelanja Keperluan Buka Puasa

Aktivitas bulan Ramadan untuk anak dan juga menyenangkan untuk orang tua adalah belanja berbagai kebutuhan untuk berbuka puasa. Para orang tua bisa mulai merencanakan dari rumah menu favorit apa saja yang ingin disantap.

Dengan mengajak anak berbelanja keperluan berbuka, nantinya anak akan semakin bersemangat untuk menyambut buka puasa. Namun, pastikan tidak membuat anak merasa letih berkeliling saat belanja.

3. Bercocok Tanam

Mengajak anak untuk bercocok tanam juga bisa menjadi salah satu ide kegiatan menarik untuk anak SD saat puasa. Mintalah pendapat anak mengenai tanaman apa saja yang sebaiknya ditanam di halaman rumah.

Setelah itu, ajak mereka untuk mengunjungi toko tanaman hias untuk membeli berbagai kebutuhan seperti pot, pupuk, media tanam, biji tanaman, hingga perlengkapan bercocok tanam lainnya. (trj)