Sudah Pernahkah Berbuka Puasa dengan Nasi Punel? Wajib Coba

151

Bangil (WartaBromo.com) – Di Bulan Ramadhan, selain kewajiban menjalankan ibadah puasa, takjil juga menjadi pokok bahasan yang tak ada habisnya. Bahasan takjil tak lepas dari berbagai menu makanan.

Selain terkenal dengan kota industri, Kabupaten Pasuruan ternyata punya banyak makanan khas yang sangat lezat. Cocok untuk santapan berbuka puasa bersama keluarga tercinta.

Sakah satu makanan khas Kabupaten Pasuruan yang wajib dicoba adalah Nasi Punel.

Sesuai namanya, punel merupakan sebutan nasi yang matangnya pas. Nasi punel ini berasal dari beras pada umumnya, namun karena cara memasak yang berbeda hasilnya juga berbeda.

Untuk menghasilkan nasi punel, proses yang digunakan adalah menanak dengan cara manual (dengan panci) dan tidak menggunakan rice cooker sebagaimana umumnya.

Baca Juga :   Istimewanya 10 Hari Kedua Ramadan

Di warung Hj. Lin yang berlokasi di Jl. Dr. Soetomo, Kecamatan Bangil, nasi punel disajikan dengan berbagai macam lauk, mulai dari empal, babat, paru, ayam dan lain sebagainya.

“Cocok buat berbuka. Lauknya bisa pilih sesuai hati. Sejak dulu nasi punel memang jadi primadona,” ungkap salah satu warga Bangil, Halimah bercerita, Selasa (28/3/2023).

Menurutnya, lokasi yang berjarak kurang lebih satu kilometer dari Stasiun Bangil, menjadikan nasi punel sebagai makanan primadona dan memiliki penggemar yang cukup banyak. (lio/yog)