Apakah Masakan Bersantan Bisa Dipanaskan Lagi? Ini Penjelasan Pakar Nutrisi

290

Pasuruan (WartaBromo.com) – Saat sahur kebanyakan orang memilih menu masakan yang mudah dibuat, salah satunya masakan bersantan. Masakan satu ini dipilih karena bisa dipanaskan lagi.

Biasanya, orang akan memasak masakan bersantan malam hari dan kemudian akan dipanaskan kembali saat sahur. Cara ini dipilih untuk berjaga-jaga bilamana telat bangun sahur.

Namun pertanyaannya, apakah masakanan yang bersantan boleh dipanaskan lagi? Banyak orang yang bahkan tak tahu masalah ini.

Dilansir dari kompas.com, pakar nutrisi Widya Fadilla, menjelaskan, makanan bersantan tidak boleh dipanaskan kembali karena bisa berbahaya untuk kesehatan.

“Makanan yang bersantan mengandung lemak yang tinggi sehingga akan semakin gurih dan nikmat ketika diolah dengan proses yang lebih lama,” terang Widya.

Baca Juga :   Dirawat di Sidoarjo, Warga Gempol Positif Covid-19

Tak hanya itu, masakan yang bersantan pun tak boleh diolah lagi karena kandungan nutrisinya akan hilang. Sebab, santan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Terkait apa efek bagi masalah kesehatan, masakan bersantan yang dipanaskan kembali bisa menyebabkan penyakit GERD, kembung hingga kolesterol tingi. (trj)