Mitos Bulan Purnama yang Dipercaya Sebagian Orang

1321

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bulan purnama merupakan salah satu fenomena semesta yang indah. Namun, di balik keindahannya, menurut sebagian orang bulan purnama menyimpan banyak mitos.

Dahulu, banyak yang menganggap kemunculan bulan purnama menjadi tanda-tanda ganjil yang menyeramkan. Salah satunya seperti bisa mengubah manusia jadi-jadian.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut mitos kemunculan bulan purnama yang dipercaya sebagian orang:

1. Membuat Seseorang Mudah Kesurupan

Bagi yang tinggal di wilayah Jawa, pasti tidak asing dengan mitos bulan purnama satu ini. Orang-orang tua pasti menyuruh anaknya masuk ke dalam rumah saat purnama datang.

Bahkan, anak-anak dilarang bermain di atas jam lima sore. Ini karena diyakini bulan purnama membuat makhluk halus semakin kuat dan mudah merasuki manusia.

Baca Juga :   Ini Ciri-ciri Rumah Kena Santet, Waspada!

2. Membuat Manusia Jadi Gila

Mitos yang paling dipercaya oleh banyak adalah peningkatan jumlah orang gila dan kunjungan rumah sakit di malam saat terjadinya bulan purnama.

Entah apa hubungannya, namun konon banyak orang mendadak gila saat bulan purnama datang. Utamanya orang-orang yang melihat purnama di jendela.

3. Membuat Anak Kecil Susah Tidur

Ada satu kepercayaan yang dianut secara luas di banyak budaya di belahan dunia bahwa bulan purnama membuat anak-anak lebih aktif.

Mereka meyakini bahwa ketika terjadi bulan purnama membuat anak-anak akan kesulitan tidur atau lebih sering menangis. (trj)