Mercon Rakitan Meledak, Rumah Hancur Satu Orang Kritis

511

Kanigaran (WartaBromo.com) – Seorang pemuda asal Kanigaran mengalami kritis setelah mercon yang dirakitnya meledak. Selain melukai pembuatnya, ledakan ini menghancurkan rumah sang pemilik.

Peristiwa tersebut terjadi di rumah Solihin, di Kelurahan Kanigaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Rumah sederhana ini luluh berantakan, setelah mercon atau petasan rakitan meledak pada Minggu (16/04/2023) dini hari.

Akibat ledakan ini, putra Solihin, atas nama Rizal (20) harus dilarikan ke rumah sakit lantaran terkena ledakan mercon yang diduga sedang dirakitnya sendiri. Ledakan tersebut membuat sekujur tubuhnya luka bakar parah.

“Tidak tahu pak, tiba-tiba meledak begitu. Saya kira trafo. Tidak tahunya rumah ini,” kata Ketua RT setempat, Supiyanto, Minggu dini hari, di lokasi.

Baca Juga :   Terkena Ledakan Bondet, Kedua Tangan Sanulam Putus

Selain melukai pembuatnya, ledakan mercon rakitan ini juga merusak rumah. Ledakan menghancurkan tembok depan, kamar serta genting atap rumah ambrol.

Saat kejadian, tidak ada yang mengetahui secara persis, bagaimana awal mulanya. Ketika itu, korban sedang sendirian sementara orang tuanya bepergian. Polisi pun segera melakukan olah tkp dan mengamankan lokasi. Guna mengetahui penyebab pasti ledakan tersebut.

“Karena itu kami himbau pada masyarakat, jangan main-main dengan mercon. Karena sangat membahayakan. Jangan hanya tergiur keuntungan tambahan, sampai harus membuat mercon,” kata Kapolresta Probolinggo, AKBP Wadi Sa’bani.

Diduga korban saat itu sedang membuat petasan dan karena kelalaianya kemudian meledak. Polisi pun menghimbau masyarakat untuk tidak memproduksi petasan karena berbahaya dan harus mengantongi ijin khusus dari otoritas terkait. (lai/saw/yog)