Meriah! Ada Pencak Silat di Ngabuburit Heppiii Pasuruan

66

Pasuruan (WartaBromo.com)- Kegiatan Ngabuburit Heppiii di Pasuruan dimeriahkan dengan penampilan pencak silat warga Kelurahan Pohjentrek. Para pendekar ini memberikan hiburan kepada warga yang hendak buka bersama yang ditempatkan di balai kelurahan setempat.

Koordinator Kegiatan Ngabuburit Heppiii Pasuruan Wahyu Samudra mengatakan ada tiga desa yang mengikuti kegiatan tersebut, yakni Desa Nguling, kemudian Desa Ranu Klindungan, lalu ada Kelurahan Pohjentrek. Lokasi Ngabuburit Heppiii ini dihadiri seratusan orang setiap desanya.

“Mereka yang datang ini adalah anak-anak muda atau karang taruna (karta) Heppiii Community, lalu warga sekitar sendiri. Khusus di Kelurahan Pohjentrek ada penampilan pencak silat, karena memang di sana ada perkumpulan pencak silat namanya Kuntu Mancilan,” kata Koordinator Kegiatan Ngabuburit Heppiii Pasuruan Wahyu Samudra, Jumat (21/4).

Baca Juga :   Dua Cabor Kota Pasuruan Gagal Ikut Porprov Jatim

Tiap desa kata dia juga dihadirkan penceramah yang memberikan tausiyah kepada warga sekitar. Setelah itu dilaksanakan pembagian takjil dilanjutkan dengan buka bersama lalu salat berjamaah.

“Kegiatan ini juga untuk menciptakan kerukunan dan keguyuban antarwarga serta dengan para pengurus dan anggota karang taruna,” imbuhnya.

Kegiatan Ngabuburit Heppiii adalah lanjutan dari Ramadhan Heppiii yang sudah bergulir sejak awal bulan puasa hingga menuju lebaran tiba. Ramadan Heppiii adalah kegiatan berbagi dari karta untuk warga desa, seperti memberikan paket sembako untuk yatim piatu dan dhuafa, serta kegiatan sosial lain seperti memasang lampu penerang jalan untuk desa, mengecat gapura, renovasi pos kamling hingga kegiatan sosial lainnya untuk masyarakat.

Baca Juga :   Pencak Silat jadi Warisan Budaya Takbenda untuk Kemanusiaan

Koordinator kegiatan Ramadhan Heppiii dan Ngabuburit Heppiii Ronald Theo Lesmana mengatakan kegiatan ini digelar serentak di 17 lokasi berbeda di wilayah Jawa Timur dan sebagian berada di Pangkalan Bun. Kegiatan ini mengambil tema ‘Bersama Melakukan Kebaikan’.

“Kami ucapkan terima kasih kepada karta Heppiii Community yang sudah menggelar Ramadhan Heppiii dan Bukber Heppiii ataupun Ngabuburit Heppiii. Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat untuk semua,” jelasnya.

Karta dan komunitas yang menggelar kegiatan ini mulai dari wilayah Tuban, Bojonegoro, Jombang, Kediri, Madiun Magetan, Ngawi. Kemudian Ponorogo, Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso hingga Banyuwangi serta luar Pulau Jawa ada Pangkalan Bun. (yog)