Lagi Mudik ke Probolinggo, Jangan Lupa Mencicipi Ketan Kratok

421

Probolinggo (WartaBromo.com) – Ketan Kratok adalah salah satu camilan tradisional khas Probolinggo yang bisa dicoba saat lebaran di kampung halaman. Biasanya, camilan ini dikonsumsi sebagai sarapan sebagai pengganti nasi.

Ketan Kratok diolah seperti Ketan lainnya, tetapi yang membedakan adalah adanya kacang Kratok di dalamnya. Camilan ini juga diberi taburan kelapa parut dan siraman gula merah sebagai topping.

Untuk mengolahnya, harus direndam dan dicuci bersih terlebih dahulu. Jika tidak diolah dengan benar, rasanya akan terasa pahit. Namun, jika diolah dengan baik, Ketan Kratok memiliki rasa yang gurih dan manis.

Jika Anda tidak suka rasa manis, bisa tidak menambahkan siraman gula merah sebagai topping. Karena sebenarnya, Ketan Kratok dengan topping kelapa parut saja sudah memiliki rasa gurih yang enak.

Baca Juga :   PNS Enggan Berzakat, Target ZIS di Probolinggo Tak Tercapai

Biasanya, orang dari luar kota yang berkunjung ke Probolinggo selalu mencari camilan tradisional ini. Karena di kota lain, camilan tradisional dari Probolinggo jarang ditemukan.

Ketan Kratok bisa menjadi salah satu camilan khas yang bisa dicoba saat lebaran di kampung halaman. Jika Anda sedang berkunjung ke Probolinggo, jangan lewatkan kesempatan mencicipi kuliner tradisional Ketan Kratok ini. Anda bisa mendapatkan di warung – warung pinggir jalan atau bisa juga di di eks-Bioskop Garuda atau eks-Bioskop Regina Jalan dr. Soetomo Kota Probolinggo. (yog)