Faktor yang Bikin Cuaca Sangat Panas Akhir – akhir Ini

413
Foto : Ilustrasi

Pasuruan (WartaBromo.com) – Cuaca panas yang menyengat di beberapa wilayah di Indonesia menjadi perhatian akhir – akhir ini. Wartabromo pun sempat menanyakan cuaca hari ini, Senin (24/4/2023). Hampir semua komentar menjawab jika kondisi suhu sangat panas akhir – akhir ini.

Melalui laman resmi Instragramnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun memberikan penjelasan mengenai 5 faktor yang mempengaruhi kondisi cuaca tersebut.

Pertama, dinamika atmosfer yang tidak biasa memainkan peran penting dalam meningkatkan suhu panas. Selain itu, wilayah Asia sedang mengalami gelombang panas yang dapat mempengaruhi kondisi di Indonesia.

Kedua, suhu panas bulan April di wilayah Asia selatan dipengaruhi oleh gerakan semu matahari. Hal ini menjadi lebih parah pada tahun 2023.

Baca Juga :   Pemkot Minta Semua Pihak Siaga Antisipasi Cuaca Ekstrem

Faktor ketiga adalah tren pemanasan global dan perubahan iklim yang semakin memicu terjadinya gelombang panas “heatwave”. Risiko terjadinya gelombang panas meningkat hingga 30 kali lebih besar.

Selain itu, dominasi monsun Australia juga menjadi penyebab suhu panas yang tinggi di Indonesia. Saat ini Indonesia sedang memasuki musim kemarau.

Terakhir, intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan minimnya tutupan awan menjadi faktor yang memperparah kondisi cuaca panas di Indonesia. Wilayah Tangerang Selatan menjadi wilayah dengan suhu paling panas, mencapai 37,2 derajat Celsius.

Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi cuaca panas di Indonesia, diharapkan kita dapat lebih waspada dan mengambil tindakan yang tepat dalam menjaga kesehatan dan keselamatan kita selama masa panas ini. (yog)