Masih Saja Ditanya “Kapan Nikah” Saat Lebaran? Ini Jawaban yang Pas

287

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mau mudik ataupun tidak, sudah pasti muda mudi yang masih terlihat jomblo akan ditanya “Kapan nikah” oleh kebanyakan orang. Walau sekilas sederhana, namun pertanyaan tersebut tak jarang membuat sebagian orang tak nyaman dan bingung harus menjawab apa.

Akan lebih menyakitkan lagi jika pertanyaan tersebut ditanyakan kepada orang yang sudah berusia di atas 27 tahun. Lantas, bagaimana cara menjawab pertanyaan “Kapan nikah” tanpa menyakiti sang penanya?

Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Calonnya Masih Disimpan Allah

Bolo mungkin sedang mencari pasangan yang cocok. Nah, kamu pun dapat menjawab pertanyaan “Kapan nikah” dengan menjawab “Calonnya masih disimpan Allah.”

Pasalnya, urusan jodoh adalah hal yang mesiterius dan Bolo harus selalu ingat sama Allah, sesungguhnya setiap manusia diciptakan berpasang-pasangan.

Baca Juga :   Sembuhkan Sakit Jiwa dengan Terapi Berpuasa, Ini Penjelasan Ahli

Mungkin jodohnya belum ketemu saat ini, melainkan suatu saat nanti di mana sudah waktu yang tepat dengan segala kebaikan yang Allah sertakan.

2. Barakallahu Laka wa Baraka ‘alaika untuk Kalian Berdua. Doakan Saja Agar Bisa Cepat Menyusul

Nah, ketika Bolo ditanya oleh seseorang yang sudah menikah, Bolo bisa menjawab dengan “Barakallahu laka wa baraka ‘alaika untuk kalian berdua. Doakan saja agar bisa cepat menyusul.”

Jawaban tersebut memiliki makna yang dalam, selain kamu memiliki harapan agae cepat muncul dan ketemu dengan jodoh, kamu juga secara tidak langsung ikut mendoakan kedua pasangan tersebut dalam kebaikan.

3. Cukup Tanggapi dengan Diam dan Tersenyum

Ketika Bolo sudah bosa mendengar percakapan atau pertanyaan “Kapan nikah” Bolo bisa menjawabnya dengan senyuman dan diam.

Baca Juga :   Jalur Mudik Ini Rawan Begal dan Bajing Loncat, Polres Probolinggo Siagakan Sniper

Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadis riwayat Bukhari Muslim bahwa Rasululllah SAW, bersabda:

Maka berkatalah yang baik dan jika tidak, maka diamlah.” (HR. Bukhari Muslim).

Demikianlah jawaban dari pertanyaan “Kapan nikah” Semoga bermanfaat dan tetaplah bersabar serta saling mendoakan dalam kebaikan. (tra/trj)