Resmi Di-launching, Pilkades Serentak akan Digelar 24 Desa di Kabupaten Pasuruan

495

Pasuruan (WartaBromo.com) – Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pasuruan telah dimulai. Pencanangan tahapan Pilkades dilakukan oleh Wakil Bupati Pasuruan, Abdul Mujib Imron, di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti pada Kamis (04/05/2023) pagi.

Pilkades 2023 di Kabupaten Pasuruan akan dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober mendatang, di mana total 47 desa akan menggelar Pilkades. Puluhan desa tersebut tersebar di 20 kecamatan, kecuali Rembang, Sukorejo, Tutur, dan Winongan yang sudah melaksanakan Pilkades di tahun 2022.

Setelah pencanangan tahapan Pilkades, seluruh camat diminta untuk segera mengumpulkan sub kepanitiaan terkait persiapan pembentukan panitia tingkat desa. Seluruh camat juga diintruksikan untuk mensosialisasikan ajakan mensukseskan Pilkades ke seluruh lapisan masyarakat bersama perangkat kecamatan hingga desa dan BPD (Badan Pemusyawaratan Desa) maupun stake holder lainnya.

Baca Juga :   Pilkades Serentak Ditunda Tahun Depan, Pemkab Siapkan Vaksinasi

Gus Mujib berharap Pilkades 10 Oktober mendatang dapat berjalan aman, damai, dan lancar. Terdapat 5 tahapan Pilkades yang harus dilaksanakan satu persatu, yaitu pendahuluan, persiapan, pencalonan, pemungutan suara, dan penetapan kepala desa terpilih.

Gus Mujib juga menyerahkan bantuan keuangan khusus (BKK) kepada 47 desa di Kabupaten Pasuruan. (mil/yog)