Bos Air Minum dan Cat Hermanto Tanoko Bangun SMK Gratis Semua Agama di Tutur

603

Tutur (WartaBromo.com) – Hermanto Tanoko, Konglomerat pemilik perusahaan cat dan air minum membangun sekolah dengan model pendidikan lintas agama di wilayah Nongkojajar, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan.

Pengusaha asal Jawa Timur itu membangun SMK Tanoko dengan beberapa fasilitas di dalamnya. Ada perpustakaan, ruang laboratorium hingga asrama. Menurutnya, pembangunan sekolah tersebut akan selesai pada bulan Mei 2023 ini.

“Ini diperkirakan sudah selesai 95 persen, jadi bulan Mei ini bisa selesai,” ungkap Tanoko di akun media sosial miliknya.

Diketahui, Sekolah Menengah Kejuruhan (SMK) Tanoko itu sudah dilengkapi dengan lima fasilitas ibadah sekaligus. Seperti Masjid, Gereja, Pura, Klenteng hingga Wihara.

“Jadi ada gereja untuk Kristen Katolik ada masjid ada pura juga ada klenteng dan ada wihara,” kata lagi.

Baca Juga :   Digratiskan Pemprov, Sekolah Ini Masih Tarik Rp130 Ribu Per Bulan

Konglomerat Indonesia yang lahir September 1962 di Malang, Jawa Timur itu menuturkan, sekolah yang berada di area pegunungan itu memiliki konsep yang unik. Seperti aula sekolah yang bisa menampung kurang lebih 1000 siswa dengan pemandangan pegunungan.

“Ya karena ini menambah suasana lebih hijau dan supaya para siswa yang nanti belajar di sini bisa semakin kerasa,” katanya.

Selain itu, banyaknya lahan kosong di area sekolah tersebut juga disediakan banyak pembelajaran tentang bertanam sayur-sayuran hingga beternak ikan.

“Jadi macam-macam nanti yang kita ajarkan untuk ekstrakurikuler agar mereka nanti setelah lulus siap untuk menjadi wirausaha yang membanggakan kita,” imbuh pria yang dikenal sangat aktif juga bermedia sosial ini.

Baca Juga :   Hore! SPP SMA/SMK Negeri se Jatim Gratis Mulai Juli

Ia juga berharap agar SMK Tanoko tersebut bisa menjadi harapan masyarakat, khususnya anak yatim untuk bisa mengemban ilmu tentang pembangunan karakter, kreativitas dan mental sebagai wirausaha mandiri. (don/yog)