1.665 Ekor Koi Ikuti Kontes Nasional di Pasuruan, Ada yang Seharga Rp500 Juta

296
Dua ekor ikan koi yang turut dikonteskan di GOR Kota Pasuruan. Foto: Romadoni.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebanyak 1.665 ikan koi meramaikan kontes Liga Koi Indonesia 2023 di GOR Untung Suropati, Kota Pasuruan, Sabtu (24/6/2023). Bahkan, ikan koi dengan harga Rp500 juta itu ikut meramaikan kontes tersebut.

Adapun jumlah pemilik dari ikan koi yang dikonteskan mencapai 363 orang. Beberapa di antaranya dari Sulawesi, Bali, Kalimantan, Sumatera dan area Jawa sendiri.

Ketua Umum APKI (Asosiasi Pencinta Koi Indonesia) Santoso (50) mengatakan, sebanyak 146 trophy diperebutkan pada kontes kali ini.

“Total untuk jumlah ikan koi yang mengikuti ada 1.665 ekor. Kalau paling mahal ada yang Rp300 ribu – Rp500 juta,” kata Santoso.

Ada beberapa kriteria dalam penjurian kontes ikan koi sendiri. Poin utamanya adalah body ikan, skin quality, serta ketajaman warna.

Menurut juri secara keseluruhan kualitas koi yang ikut kontes sangat bagus. “Yang bergengsi Grand Champion A, kebetulan merebutkan liga Indonesia ini adalah piala presiden dan menteri, poin yang tertinggi,” lanjutnya.

Untuk kelas paling bergengsi dalam kontes tersebut adalah Shangke, Kohaku dan Showa.

Sementara itu, Novianita (48), peserta asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengaku sudah lama menggemari ikan dengan warnanya yang indah itu. Ia pun kerap mengikuti kontes di beberapa daerah di Indonesia.

“Ikannya itu cantik-cantik. Tapi paling suka jenis Shanke,” ujar Novia.

Menurutnya, untuk perawatan ikan koi sendiri cukup menguras energi. Mulai dari air, tempat hingga pakan.

” Untuk perawatan koi sih susah-susah mudah, ikan koi agak lebih ribet dan senstif. Jadi dari air, kalau mau ikan sehat harus rajin ganti air,” tuturnya. (don/asd)