Daerah di Pasuruan yang Hawanya Dingin, Betah Tinggal di Sini?

1301

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi yang ingin hidup tenang maka bisa mencoba tinggal di daerah yang memiliki hawa dingin, seperti sebagian wilayah di Pasuruan. Ada beberapa daerah di Pasuruan yang hawanya dingin dan sejuk.

Dilansir dari pasuruankab.go.id, secara geografis Wilayah Kabupaten Pasuruan dengan luas 1.474,015 km2 terletak antara 112o33’55” hingga 113o05’37” Bujur Timur dan antara 7o32’34” hingga 7o57’20” Lintang Selatan.

Dan kesejukan udara di Pasuruan ini dikarenakan adanya pembagian wilayah daratan menjadi tiga, yakni:

  • Daerah pegunungan dan berbukit, dengan ketinggian antara 180 – 3000 m. Daerah ini membentang di bagian selatan dan barat meliputi Kecamatan Lumbang, Puspo, Tosari, Tutur, Purwodadi, Prigen, dan Gempol.
  • Daerah dataran rendah, dengan ketinggian antara 6 – 91 m. Daerah ini berada di bagian tengah dan merupakan daerah yang subur.
  • Daerah pantai, dengan ketinggian antara 2 – 8 m. Daerah ini membentang di bagian utara meliputi Kecamatan Nguling, Lekok, Rejoso, Kraton, dan Bangil.
Baca Juga :   Koran Online 7 Sept : Warga Serang Markas Polisi Krejengan, hingga Bom Pesawat Sukhoi Jatuh di Kebun Tebu

Nah, lantas mana saja daerah di Pasuruan yang hawanya dingin? Berikut diantaranya:

1. Nongko Jajar

Pusat pemerintahan di Kecamatan Tutur, Pasuruan dikenal dengan nama Nongkojajar. Selain itu, Nongkojajar juga merupakan sebuah dusun yang terletak di Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Pasuruan, provinsi Jawa Timur.

Di daerah ini, suhunya bisa mencapai 16 derajat. Namun, bila suhu normal bisa mencapai 16 derajat. Hawanya yang dingin membuat sekitar jalanan di Nongko Jajar nampak asri dengan banyaknya bunga dan tumbuhan.

2. Tosari

Tosari adalah sebuah kecamatan di sebelah tenggara Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kecamatan ini berada di Pegunungan Tengger dengan ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 5 sampai 10 derajat Celcius.

Baca Juga :   Hujan dan Angin Kencang Guyur Kota Pasuruan, 3 Pohon Tumbang

3. Tretes

Tretes adalah sebuah kecamatan di sebelah barat daya Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ini merupakan salah satu daerah di Pasuruan yang hawanya dingin dan terkenal dengan berbagai destinasi wisata yang menarik.

Kecamatan ini berjarak sekitar 19 kilometer dari ibu kota kabupaten Pasuruan ke arah barat. Prigen terletak di kaki Gunung Arjuna-Welirang. Adapun suhu di daerah ini bisa mencapai 17 sampai 27 derajat Celcius. (trj)