Yummy! Ini 3 Olahan Bandeng Jelak Khas Pasuruan yang Lezat Sekali

228

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pasuruan merupakan daerah di Jawa Timur yang dijuluki sebagai Kota Santri. Selain itu, Pasuruan juga terkenal karena mempunyai kuliner Bandeng Jelak khas Pasuruan.

Bandeng jelak adalah jenis ikan yang hidup di perairan payau atau campuran antara air laut dan air tawar. Ikan ini dikenal sebagai bandeng jelak karena dibudidayakan di tambak Kampung Jelak, yang terletak di Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan.

Nah, berikut ini dilansir dari berbagai sumber, olahan Bandeng Jalak khas Pasuruan yang wajib dicicipi biar tahu kelezatannya dan mantulnya:

1. Sate Bandeng Jelak

Nah, olahan Bandeng Jelak khas Pasuruan pertama adalah Sate Bandeng Jejak. Rupanya tidak hanya sate ayam, kelinci, dan kambing, Bandeng Jejak juga sangat enak dan mantab diolah menjadi Sate Bandeng, apalagi dagingnya yang gurih.

Baca Juga :   Sudah Sepekan Dicari, Bocah Hanyut di Sungai Kerang Belum Ditemukan

Pasalnya, sate bandeng jelak dilumuri bumbu rempah yang selama ini lazim dipakai untuk sate komo sapi. Perpaduan bandeng yang gurih dengan bumbu rempah dipastikan menggoyang lidah Bolo.

2. Bandeng Jelak Bakar Madu

Selain sate, banyak sekali olahan daging bandeng jelak yang rasanya tak kalah enak, salah satunya adalah Bandeng Jelak Bakar Madu.

Bandeng yang dibakar kemudian dilumuri madu, sehingga menjadikan olahan masakan tersebut favorit, dengan paduan rasanya yang manis dan gurih.

3. Tulang Stick Bandeng Jelak

Tak hanya olahan masakan, ternyata tulang bandeng jelak juga bisa dibikin stik. Selain itu, stick tulang bandeng memiliki aroma yang khas, dan rasanya yang gurih. Tentunya, bikin mulut Bolo ketagihan.

Baca Juga :   Kerap Curi Motor di Sawah, Tukang Rongsok Asal Gondang Wetan Diamankan

Nah, dari beberapa olahan Bandeng Jelak khas Pasuruan di atas, mana yang Bolo suka? (tra/trj)