Temukan 5 BCAD Ganda di Kabupaten Probolinggo

874

Kraksaan (WartaBromo.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo menyebut ada 5 bakal calon anggota dewan daerah (BCAD) ganda . Yakni terdaftar di 2 partai dan ada juga di luar daerah.

KPU menemukan 5 BCAD duplikat saat memeriksa dokumen 734 calon peserta pemilu dari 18 partai di Kabupaten Probolinggo yang akan mengikuti pemilu 2024.

Komisioner KPU setempat, Agus Hariyanto Andinata mengatakan, 1 BCAD masuk dalam rangkap eksternal. Yakni terdaftar di PKB dan PDI-P. Duplikasi ini didaftarkan di Daerah Pemilihan 3 yang meliputi tiga kecamatan, yakni Krucil, Tiris dan Maron.

Empat BCAD lainnya, lanjut Agus, merupakan BCAD PDIP yang terdaftar sebagai duplikat internal namun berbeda daerah. Yaitu terdaftar di Probolinggo dan Tangerang Selatan.

Baca Juga :   Ada 7 Partai Raih Kursi di Dapil Pasuruan 4, Berikut Caleg Terpilihnya

“Tiga BCAD PSI lagi (terdaftar BCAD ganda internal, redaksi). Satu orang di Lumajang, Pacitan dan juga di Sampang,” kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan itu.

Agus menjelaskan, BCAD ganda ini sedang dalam klarifikasi. Dimana parpol akan meminta klarifikasi kepada BCAD yang terdaftar ganda. Baik secara internal maupun eksternal.

Klarifikasi berlangsung hingga 21 Juli. Kemudian hasil klarifikasi itu, diunggah oleh parpol di aplikasi SILON. Berlangsung sejak 21 hingga 26 Juli.

“Apakah hasil klarifikasi itu, BCAD ganda eksternal tersebut apakah memilih parpol A atau B. Demikian pula BCAD ganda internal memilih daerah Probolinggo atau daerah lain,” tandas aktivis PC GP Ansor Kota Kraksaan itu. (aly/saw)