Petik Laut, Cara Nelayan Pasuruan Syukuri Tangkapan Ikan

264
Larung sesaji oleh warga Pulokerto, Kecamatan Kraton, Sabtu (29/7/2023).

Kraton (WartaBromo.com) – Kegiatan petik laut atau larung sesaji digelar di Desa Pulokerto, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (29/7/2023) pagi. Tradisi itu dilakukan nelayan untuk syukuri hasil tangkapan ikan.

Persiapan awal dilakukan oleh ratusan warga yang mayoritas nelayan itu sejak pukul 07.00 di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Pulokerto, Kraton. Kemudian, sesaji berupa kepala sapi dinaikkan ke perahu untuk dilarung di laut.

Nur Hasan, Kades Pulokerto mengatakan, petik laut atau larung sesaji ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharram 2023.

“Sebagai bentuk rasa syukur ata limpahan rejeki pada tuhan yang maha esa, intinya berterimakasih atas tangkapan ikan selama ini,” ujarnya.

Warga juga menyebut jika tradisi ini memang biasa dilakukan saat bulan muharram. Ratusan nelayan yang ada juga memilih libur untuk ikut dalam kegiatan tersebut.

“Libur pastinya, ini acara bisa dibilang wajib bagi para nelayan,” tuturnya Wahid, salah satu nelayan.

Sementara itu, AKP Winardi, Kasat Polairud Polres Pasuruan Kota menyebut jika kegiatan tersebut berjalan dengan kondusif. Warga yang ikut dalam kegiatan itu juga membawa sanak saudaranya untuk menyaksikan larung sesaji.

“Kami tetap mengimbau untuk tetap berhati-hati untuk para warga yang mengikuti tradisi petik laut tersebut. Beberapa hari ke depan beberapa wilayah di pesisir pasuruan juga melalukan hal yang sama,” pungkasnya. (don/asd)