Soal JLU, Pansus Akan Konsultasi dengan Bappenas dan BPN

43
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf saat menerima perwakilan AWUR yang mendukung kelanjutan proyek JLU. Foto: Amal Taufik.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pembangunan jalan lingkar utara (JLU) di Kota Pasuruan bakal menggunakan skema pembiayaan dari pemerintah pusat. Terkait hal ini, Pansus JLU berencana akan konsultasi dengan Bappenas dan BPN RI.

Wakil Ketua Pansus JLU, Mochammad Machfudz mengungkapkan, masa kerja pansus hanya tiga bulan sejak dibentuk pada Juni lalu dan sekarang, pansus masih berupaya menguraikan persoalan JLU yang ada di daerah.

Barulah setelah persoalan di daerah selesai, pihaknya akan membawa JLU ke Bappenas dan BPN. Langkah ini diambil lantaran Kota Pasuruan menggantungkan bantuan keuangan dari pemerintah pusat untuk membangun JLU.

“Konsultasi ini sekaligus untuk melihat bagaimana peluang JLU bisa menjadi program prioritas pemerintah pusat,” kata Machfudz, Kamis (10/08/2023).

Baca Juga :   Ini Rekomendasi Dewan Terhadap LKPj Wali Kota Pasuruan TA 2019

Menurut politisi PKB tersebut, hal ini penting untuk diketahui, karena menyangkut bagaimana realisasi pembangunan JLU di masa yang akan datang.

Saat ini kerja pansus belum selesai. Mereka terus mendorong agar pemkot menyusun perencanaan yang matang terkait JLU ini. Terutama bagaimana agar penyerapan dana cadangan bisa optimal.

“Yang jelas nanti kami hanya konsultasi saja. Misalnya, bagaimana agar JLU jadi PSN. Kalau mengusulkan itu wewenangnya eksekutif,” imbuh Machfudz. (tof/asd)