Pendataan Tuntas, Aset Pemkot Pasuruan Bertambah Hampir Dua Kali Lipat

819

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan terus melakukan inventarisasi aset daerah. Proses sertifikasi ribuan bidang aset ditarget rampung tahun ini.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pasuruan, Mochammad Amien mengungkapkan, pendataan telah dilakukan dan jumlah aset daerah tercatat bertambah.

Pertambahan aset daerah ini, karena pemkot juga mendata aset tanah di bawah jalan. Pendataan aset tanah di bawah jalan ini memang merupakan kebijakan pemerintah pusat.

“Seperti tanah yang menjadi jalan pemukiman, saluran irigasi. Itu harus dicatat juga,” ujar Amien.

Karena itulah jumlah aset yang tercatat bertambah. Dari yang semula berjumlah 1.050 bidang, sekarang bertambah menjadi 2.017 bidang.

Pemkot masih akan terus melakukan pencatatan aset tanah di bawah jalan. Amien menyebut, pencatatan ini penting dilakukan supaya nantinya masyarakat bisa menerima manfaatnya.

Misalnya, suatu saat butuh perbaikan jalan pemukiman. Pemkot bisa langsung menganggarkan untuk perbaikan karena sudah tercatat sebagai aset daerah.

“Yang sudah bersertifikat sebanyak 718 bidang. Target tahun ini 1.000-an bidang bisa tersertifikasi,” imbuh Amien. (tof/asd)